Kompas TV regional peristiwa

Atap Ruang Kelas SD di Kulon Progo Ambruk, Suaranya Bergemuruh seperti Truk Turunkan Material Batu

Kompas.tv - 4 Mei 2022, 23:05 WIB
atap-ruang-kelas-sd-di-kulon-progo-ambruk-suaranya-bergemuruh-seperti-truk-turunkan-material-batu
Atap ruang kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) rusak parah setelah ambruk pada Selasa (3/5/2022). (Sumber: Kompas.com/Dani Julius)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Atap ruang kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Samigaluh, Kulon Progo, Daerah istimewa Yogyakarta (DIY) rusak parah setelah ambruk pada Selasa (3/5/2022).

Selain atap ruang kelas 5 dan 6, atap sejumlah ruang lain di sekolah yang terletak Pedukuhan Karang, Kalurahan Gerbosari, Kapanewon (kecamatan) Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, ini juga rusak.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kulon Progo Arif Prastowo melalui pesan suara, Rabu (4/5/2022), mengatakan, ada empat atap ruang kelas yang mengalami kerusakan. 

“(Kerusakan terjadi pada) bangunan terdiri empat lokal ruang kelas. Kelas lima atapnya rusak total dan sebagian kelas enam,” kata dia.

Baca Juga: Dua Warung Makan Milik Warga di Sumedang Ambruk Terbawa Longsor Usai Diguyur Hujan Deras

Di ruang kelas 5 dan sebagian kelas 6, genteng, balok kayu, usuk dan langit-langit jatuh menimpa kursi dan meja di dalam kelas.  

Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ambruknya atap sekolah tersebut, karena sekolah masih libur Lebaran.

Ia menambahkan, bangunan SD yang ambruk itu awalnya bangunan lawas dan terpisah.

Pihaknya masih mengidentifikasi tingkat kerusakan untuk membuat usulan rehabilitasi. Menurutnya hal itu sangat mendesak. 

Renovasi terakhir, kata dia, dilakukan pada tahun 2000. 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x