Kompas TV regional peristiwa

Jalur Puncak Bogor Padat, Tol Jagorawi Arah Ciawi Berlakukan Sistem Buka Tutup

Kompas.tv - 4 Mei 2022, 13:22 WIB
jalur-puncak-bogor-padat-tol-jagorawi-arah-ciawi-berlakukan-sistem-buka-tutup
Rekayasa lalu lintas di Jalan Tol Jagorawi arah Ciawi (Sumber: Jasa Marga)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Atas diskresi Kepolisian, PT Jasa Marga memberlakukan buka/tutup di Jalan Tol Jagorawi arah Ciawi.

General Manager Representatif Office 1 Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad Tri Wahyu Subekti  mengatakan rekayasa lalu lintas (Lalin) ini sebagai langkah untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas menuju Puncak Bogor dan sekitarnya yang terjadi pada hari ini.

"Dampak dari kepadatan lalu lintas yang menuju ke Puncak Bogor, atas diskresi Kepolisian, lalu lintas menuju ke Ciawi/Puncak dilakukan buka/tutup," kata Tri Wahyu dikutip dari Antara, Rabu (4/5/2022).

Menurut penjelasannya, pengalihan lalu lintas ini dimulai pada hari ini, Rabu 4 Mei 2022 pukul 11.00 WIB.

"Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) sebagai pengelola Jalan Tol Jagorawi telah menyiapkan rambu-rambu petunjuk arah dan pengalihan serta petugas pengaturan lalu lintas," ujarnya.

Jasa Marga,lanjut dia, mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan dan kondisi pengemudi yang prima. 

Baca Juga: Jadwal Aturan One Way dan Ganjil Genap saat Arus Balik Lebaran 2022

Kemudian juga diimbau untuk selalu perhatikan kecukupan BBM dan uang elektroniknya untuk memastikan perjalanan aman dan nyaman sampai ke tempat tujuan. 

Sebelumnya atas diskresi Kepolisian, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) telah memberlakukan contra flow di Ruas Tol Jagorawi arah Ciawi, untuk mengurai lalu lintas yang menuju Ciawi, Puncak dan Sukabumi.

Pemberlakuan contra flow dimulai 4 Mei 2022 pukul 06.30 WIB pada Km 44+500 s.d 46+500 khusus kendaraan yang akan menuju Simpang Ciawi/Sukabumi.

Diketahui, pihak kepolisian sudah memprediksi akan ada peningkatan arus lalu lintas pada H+1 dan H+2 Lebaran di arah Puncak. 

Hal tersebut lantaran banyak masyarakat yang memanfaatkan waktu libur lebaran ini untuk berwisata. 

Seperti diketahui, kawasan Puncak Bogor masih akan menjadi tempat tujuan wisata untuk liburan dan berpotensi terjadi kemacetan meski jutaan orang di Jabodetabek sudah mudik Lebaran mulai H-10.

Baca Juga: Puncak Arus Balik 6-8 Mei, Ini 2 Titik Rawan Kemacetan yang Patut Diwaspadai Menurut Menhub



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x