Kompas TV nasional peristiwa

Puncak Arus Balik 6-8 Mei, Ini 2 Titik Rawan Kemacetan yang Patut Diwaspadai Menurut Menhub

Kompas.tv - 4 Mei 2022, 11:22 WIB
puncak-arus-balik-6-8-mei-ini-2-titik-rawan-kemacetan-yang-patut-diwaspadai-menurut-menhub
Masyarakat diminta mewaspadai dua titik ang berpotensi terjadi kepadatan saat puncak arus balik Lebaran 2022. (Sumber: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan puncak arus balik Lebaran 2022 diprediksi akan terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022.

Terkait hal itu, Budi kemudian meminta masyarakat untuk mewaspadai dua titik yang lalulintasnya berpotensi padat saat puncak arus balik, yakni di Tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak, Banten.

"Dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu tol Semarang - Jakarta, dan penyeberangan Bakauheni-Merak," bunyi keterangan tertulis Menhub yang dikutip, Rabu (4/5/2022).

Sementara itu, untuk mengantisipasi arus balik di sektor penyeberangan (Bakauheni-Merak), dia menuturkan, sejumlah antisipasi telah disiapkan.

Di antaranya yakni, mengimbau masyarakat untuk membeli tiket jauh hari sebelum keberangkatan secara daring.

"Sehingga tidak terjadi penumpukan di area pelabuhan seperti yang terjadi pada arus mudik," ungkap Budi.

Baca Juga: Polisi Kerahkan Ratusan Personel untuk Urai Kepadatan Kendaraan di Puncak Bogor

Selain itu, sejumlah dermaga tambahan, lanjut dia, juga masih terus dioperasikan seperti yang dilakukan pada arus mudik.

Dalam penjelasan secara tertulis itu, dari arah Sumatera, Pelabuhan Panjang di Lampung akan dimaanfaatkan untuk kendaraan besar seperti truk pengangkut barang, sehingga di Pelabuhan Bakauheni bisa memuat lebih banyak kendaraan lainnya seperti mobil, bus dan sepeda motor.

"Begitupun di Merak, Pelabuhan Ciwandaran dan Indah Kiat akan terus dioperasikan untuk memecah kepadatan arus balik menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak."

Imbauan Menhub agar perjalanan arus balik Lebaran bisa lebih lancar




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x