Kompas TV regional peristiwa

Polisi Kerahkan Ratusan Personel untuk Urai Kepadatan Kendaraan di Puncak Bogor

Kompas.tv - 4 Mei 2022, 10:43 WIB
polisi-kerahkan-ratusan-personel-untuk-urai-kepadatan-kendaraan-di-puncak-bogor
Kepadatan arus lalu lintas di Simpang Gadog, Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (4/5/2022). (Sumber: ANTARA/Abdu Faisal)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Iman Firdaus

BOGOR, KOMPAS.TV - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bogor mengerahkan ratusan personel untuk mengurai kepadatan kendaraan wisatawan di sepanjang jalur menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor Ajun Komisaris Polisi Dicky Anggi Pranata mengatakan, ratusan personel tersebut bertugas mengarahkan wisatawan menuju jalur alternatif serta menarik arus kendaraan dari atas ke arah Jakarta dengan agar dapat diberlakukan arus lalu lintas satu arah (one way) dari arah Jakarta ke Puncak.

"Di semua titik plot, titik hambat, titik simpul kemacetan sudah kami tempatkan personel. Total 175 personel Satlantas Polres Bogor itu di sepanjang jalur akan melakukan pengaturan atau penguraian kemacetan," kata Dicky, Rabu (4/5/2022), dikutip dari Antara.

Baca juga: Tebet Eco Park, Pilihan Piknik Warga Jaksel untuk Liburan Idulfitri 2022

Dicky mengatakan terjadi antrean panjang kendaraan dari arah Jakarta ke atas sejak pukul 07.30 WIB. Sehingga polisi memberlakukan sistem one way di jalur wisata Puncak, Bogor.

Lebih lanjut, ia belum dapat memastikan berapa lama sistem one way itu diberlakukan, namun hingga pukul 09.16 WIB, petugas lalu lintas masih berupaya menarik arus kendaraan dari Puncak menuju Jakarta (arah atas ke bawah) sehingga sejumlah kendaraan dari arah Jakarta ke Puncak (bawah ke atas) masih tertahan di Simpang Gadog.

Dicky mengimbau pengendara yang akan berwisata agar mengalihkan kendaraan menuju sejumlah jalur alternatif yang telah disediakan.

"Memang ada kemacetan karena saat ini arus wisata. Kemarin kami sudah memasang rambu-rambu di setiap jalur alternatif untuk mengarahkan masyarakat ke tempat tujuan," katanya.

Baca juga: 7 Tayangan Menarik Mengisi Liburan Bulan Mei Layak Ditonton, Drama Korea hingga Thailand

Dia menyebutkan, untuk ke Taman Safari Indonesia bisa diambil jalur dari Lembah Nyiur atau dari Pasir Muncang. "Itu tinggal masuk saja," katanya.

Ia menambahkan, masyarakat tidak perlu takut akan kesasar karena sudah disiapkan juga personel untuk mengarahkan nanti di jalur alternatif yang disiapkan tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.