Kompas TV regional berita daerah

Perkuat Listrik Pulau Selayar, PLN Akan Bangun Empat PLTS Lagi

Kompas.tv - 18 April 2022, 17:11 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

SELAYAR, KOMPAS.TV - Untuk memperkuat sistem kelistrikan di wilayah kepulauan tahun ini pln rencananya akan membangun lagi plts di empat tempat di kabupaten  selayar. Empat wilayah tersebut adalah di tanamalala kecamatan pasimasunggu dengan kapasitas plts 175 kilo wattpeak di takabonerate 1,13 mega waatpeak di pasimarannu 1,32 mega wattpeak dan di pasilambena 632 kilo wattpeak.

Hal itu disampaikan general manager pln uiw sulselrabar awaluddin hafid  saat meresmikan plts hybrid yang telah di bangun di desa parak kecamatan bontomanai kabupaten kepulauan selayar.

Pengerjaan plts hybrid di bontomanai selayar terbilang cepat di mulai pada bulan juli 2021 dioperasikan pada akhir desember 2021 lalu diresmikan pada 15 april 2022.

Pembangkit listrik yang memanfaatkan panas matahari yang diubah menjadi energi listrik tersebut di bangun diatas lahan 1,4 hektar.

Plts hybrid selayar diresmikan oleh general manager pln uiw sulselrabar bersama bupati selayar. Plts dengan kapasitas 1,3 mega wattpeak itu merupakan plts kedua di indonesia dan yang pertama di sulawesi.

Dengan adanya plts selayar akan menambah kapasitas pembangkit listrik yang ada di selayar. Sistem kelistrikan di selayar selama ini beroperasi lewat pltd sebanyak sebelas unit yang tersebar di beberapa lokasi. Total kapasitas terpasang sebesar 13,19 mega wattpeak daya ampuh 10,10 mega watt dengan beban puncak 6,40 mega watt. Kehadiran plts di selayar dapat memangkas biaya operasional pltd yang mengandalkan bahan bakar solar untuk beroperasi.

Pembangunan plts hybrid di kabupaten kepulauan selayar merupakan upaya pln dalam mendorong bauran energi baru terbarukan yang ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan bahan bakar minyak. Selain itu kehadiran plts juga akan memperkuat sistem kelistrikan di wilayah kepulauan selayar.


#pembangkitlistrik
#PLTS
#PLN



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x