Kompas TV regional berita daerah

Bubur India Takjil Legendaris di Masjid Pekojan Semarang

Kompas.tv - 8 April 2022, 11:38 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Salah satu kuliner berbuka puasa yang terkenal di Kota Semarang adalah bubur India. Kuliner ini biasa disediakan oleh Masjid Pekojan Kota Semarang, bagi para muslim yang hendak berbuka puasa. Rasa rempah yang terasa dengan proses pembuatan yang tradisional menggunakan kuali tembaga dan kayu bakar membuat bubur India banyak digemari.

Berbeda dengan bubur pada umumnya, bubur India memiliki cita rasa khas rempah yang kaya. Untuk membuat satu kuali besar bubur India, membutuhkan waktu sekitar empat jam. Waktu memasak ini biasanya dimulai dari dzuhur hingga ashar.

Diawali dengan mencuci beras hingga bersih, menyiapkan santan, bawang merah, bawang putih, bawang prei, pandan, daun salam dan wortel, serta rempah-rempah seperti sereh, kayu manis, jahe, dan garam, yang dicampur menjadi satu. Yang paling penting adalah proses pengadukan bubur, diusahakan adukan bubur tidak boleh berhenti, terutama pada satu jam pertama.

Dalam sehari, Ali dan rekannya dapat mengolah hingga 22 kilogram beras yang bisa menjadi 200 porsi bubur India.

"Selama bulan suci Ramadan mengadakan takjil buka bersama selama 30 hari. Bubur India ini mungkin sudah 100 tahun lebih ya, saya saja sudah generasi keempat," ujar Ahmad Ali, juru masak bubur India.

Butuh keterampilan khusus untuk membuat bubur India, karena bubur harus terus diaduk agar tidak gosong, selain itu bara api dari kayu juga harus terus dijaga.

Untuk menu pendamping bubur India setiap hari berbeda-beda, mulai dari sambal ati, lauk sayur, gulai atau kari. 

Waktu ashar tiba, bubur yang sudah matang akan disusun berderet dengan rapi di latar masjid. Semangkuk bubur India biasanya disajikan dengan sepotong semangka, tiga biji buah kurma dan teh manis atau susu coklat hangat.

Cita rasa bubur India yang otentik dan gurih ini disukai oleh semua kalangan, baik muda hingga lanjut usia. Seperti Surati yang memang sengaja datang ke Masjid Pekojan bersama cucunya untuk beribadah sekaligus mencicipi bubur India.

Bubur India ini dibagikan secara gratis kepada orang yang beribadah di Masjid Pekojan, musafir serta dibagikan warga sekitar masjid.

#buburindia #masjidpekojan #ramadan

 

   



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x