Kompas TV regional peristiwa

JPW Minta Ada Razia Rutin dan Penambahan CCTV di Lokasi Rawan Klitih

Kompas.tv - 6 April 2022, 00:05 WIB
jpw-minta-ada-razia-rutin-dan-penambahan-cctv-di-lokasi-rawan-klitih
Ilustrasi senjata tajam. Yogyakarta kembali digegerkan dengan aksi klitih. (Sumber: kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Jogja Police Watch (JPW) meminta agar dilakukan razia rutin di tempat yang diduga rawan terjadinya kejahatan jalanan atau klitih.

Desakan JPW tersebut disampaikan oleh Baharuddin Kamba, Kadiv Humas JPW, melalui keterangan tertulis, Selasa (5/4/2022), menanggapi meninggalnya seorang remaja akibat dugaan kejahatan jalanan di Jogja.

“Razia rutin ditempat yang diduga rawan terjadinya klitih harusnya rutin dilakukan termasuk penambahan CCTV diberbagai titik rawan kejahatan,” jelasn Kamba.

Dalam keterangan tertulisnya, JPW juga menyampaikan duka cita atas meninggalnya seorang remaja berinisial DAA akibat dugaan kejahatan jalanan, atau yang akrab disebut sebagai klitih

“Kasus ini bukti nyata bahwa kejahatan jalanan terlebih di bulan suci Ramadan masih terjadi dan menjadi daftar panjang kasus klitih di Kota Pelajar Yogyakarta. Sungguh miris,” tuturnya.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Antisipasi Pola Baru Klitih: Tidak Tampak Dilatarbelakangi Geng Pelajar, Tapi...

JPW juga mendesak kepada pihak kepolisian untuk segera menangkap para pelaku kejahatan jalanan ini.

Jika tidak segera ditangkap, lanjut Kamba, dikhawatirkan kasus serupa terjadi kembali dan menambah keresahan masyarakat Yogyakarta.

Selanjutnya, JPW mengingatkan kepada pejabat di institusi kepolisian Polda DIY untuk tidak memperdebatkan atau mempersoalkan istilah klitih.

“Yang justru tidak subtansi dan tidak produktif. Karena ada hal yang lebih dari itu adalah penanganan, pencegahan dan segera menangkap pelaku klitih itu sendiri.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x