Kompas TV regional berita daerah

Lawar Marlin, Kuliner Dengan Bumbu Khas Ketewel

Kompas.tv - 23 Maret 2022, 12:53 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

GIANYAR, KOMPAS TV - Kuliner olahan Ikan Marlin dapat dijumpai di Desa Ketewel, Gianyar, Bali. Tepatnya di Warung Lawar Marlin Bu Devi. Di tempat ini Ikan Marlin diolah dengan bumbu khas Bali, mulai dari olahan sate lilit dan sate tusuk, serapah Marlin, urab kacang panjang, kuah ikan Marlin dan tentunya yang jadi andalah yakni Lawar Marlin.

Disini lawar Marlin dibuat 2 jenis yakni lawar Marlin tulen dan lawar Marlin dengan campuran nangka muda. Berbeda dengan lawar pada umumnya, lawar marlin Bu Devi dibuat dengan cara dan bumbu lawar ala Desa Ketewel, Gianyar.

Seperti penggunaan daging ikan mentah dengan bumbu seperti merica bubuk, ketumbar bubuk, cabai goreng, bawang merah dan bawang putih goreng, terasi, garam, serta taburan merica hijau atau merica muda segar yang menambah aroma hangat lawar Marlin.

Sejak dibuka tahun 2016 lawar marlin Bu devi pun memiliki penggemar hingga dari luar Kabupaten Gianyar. Dalam sehari saat sebelum pandemi warung ini mampu mengolah 15 kilo ikan Marlin namun saat pandemi menurun hingga 10 kilo untuk satu hari atau sekitar 20 porsi, Sselain itu kebanyakan pelanggan juga memilih untuk membungkus dan membawa pulang makanannya ketimbang makan ditempat

Warung lawar marlin ini buka mulai jam 11 siang hingga jam 8 malam. Untuk 1 porsi komplit lawar marlin Bu Devi dibandrol Rp.35 ribu rupiah. Selain itu warga juga boleh membeli porsi nasi bungkus mulai harga 15 ribu rupiah.

 

 

 

 

#wisatakuliner #lawarmarlin #desaketewel



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x