Kompas TV regional update

Korban Meninggal Akibat Kebocoran Gas PLTP di Dieng Segera Diautopsi, 5 Sudah Sadarkan Diri

Kompas.tv - 13 Maret 2022, 10:12 WIB
korban-meninggal-akibat-kebocoran-gas-pltp-di-dieng-segera-diautopsi-5-sudah-sadarkan-diri
Kapolres Banjarnegara, AKBP Hendri Yulianto, saat melihat kondisi para pekerja di RSUD Wonosobo yang menghirup Hidrogen Sulfida dari kebocoran pipa gas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Geo Dipa di kawasan Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Sabtu (12/3/2022). (Sumber: Dok. Humas Polresta Banjarnegara)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

BANJARNEGARA, KOMPAS.TV – Korban meninggal dunia akibat kecelakaan kerja di PT Geo Dipa Energi Dukuh Pawuan, Desa Karangtengah, Kecamatan Batur Banjarnegara, akan segera diautopsi.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kepolisian Resor Banjarnegara Ajun Komisaris Besar Hendri Yulianto, Sabtu (12/3/2022) malam.

"Kondisi saat ini, khususnya para korban, yang meninggal akan kita lakukan autopsi, sambil menunggu persetujuan keluarga," jelas Ajun Komisaris Besar Hendri.

Lima dari delapan korban yang dirawat intensif di RSU Wonosobo, kini sudah sadarkan diri. Sedangkan tiga lainnya belum sadar.

Ajun Komisaris BesarHendri menjelaskan, kecelakaan terjadi saat pekerja akan melakukan kegiatan pembersihan sumur lama di PAD 28 PT Geo Dipa Energi, sekitar pukul 15.00 WIB.

Baca Juga: Update Korban Kebocoran Pipa Gas PLTP Dieng: 8 Orang Dirawat, 1 Meninggal Dunia

"Kecelakaan kerja ini, yaitu diawali pembersihan sumur, di mana pembersihan ini secara berkala biasa dilakukan," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang ia dapatkan, SOP untuk pembersihan sudah dilakukan dengan baik.

Namun, saat pelaksanaan, setelah 20 menit pekerjaan mulai, tiba-tiba keluar gas beracun yang mengakibatkan kecelakaan kerja.

"Akibatnya korban tidak sadarkan diri, setelah dievakuasi kemudian korban dibawa oleh petugas Geo Dipa ke RSUD Wonosobo," ujarnya.

Meski sempat mengeluarkan gas beracun, Ia memastikan, lokasi sumur PT Geo Dipa kondisinya aman dan terkendali.



Sumber : Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x