Kompas TV regional berita daerah

Hari Perempuan Sedunia Kampanyekan Kesetaraan Gender

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 13:49 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Merayakan Hari Perempuan Sedunia atau International Woman's Day yang jatuh pada tanggal 8 Maret, beragam aliansi independen berkumpul dan melakukan aksi di depan kantor Gubernur Jawa Tengah.

Ada 150 peserta aksi yang terdiri dari mahasiswa, buruh, pejuang lingkungan, lembaga bantuan hukum, Aliansi Mahasiswa Papua, dan juga pejuang kesetaraan gender lainnya. Peserta aksi berjalan dari patung kuda dan berhenti di depan kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Kota Semarang. Selain melakukan orasi dan aksi teaterikal, para peserta aksi membawa poster yang berisi tuntutan dan isu-isu gender lainnya dan menentang kekerasan seksual.

"Kami menyuarakan bahwasannya apapun keberagaman gender yang kita punya, yang kita hayati , pribadi, individu. Itu kita berhak berekspresi, bebas berekspresi, di ruang aman, di ruang publik, dengan keyakinan kita masing-masing, itu istilahnya kita harus mendapatkan ruang aman di manapun gitu kan itu yang kita suarakan," ujar Martha, Komite International Woman's Day Semarang. 

Para peserta aksi menuntut akan terciptanya ruang aman dan kebebasan berekspresi bagi keberagaman gender yang ada di Indonesia. Sehingga tidak ada lagi ketakutan akan kekerasan berbasis gender yang menghantui di mana pun berada.

#semarang #hariperempuansedunia #gubernurjawatengah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x