Kompas TV regional peristiwa

Ungkap Penyebab Kemacetan di Puncak, Kapolda Jawa Barat: Ada 10 Kendaraan Mogok

Kompas.tv - 28 Februari 2022, 22:50 WIB
ungkap-penyebab-kemacetan-di-puncak-kapolda-jawa-barat-ada-10-kendaraan-mogok
Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana mengungkapkan, penyebab kemacetan parah di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022), adalah 10 kendaraan yang mogok di tengah jalan.. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

BOGOR, KOMPAS.TV - Kemacetan parah di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, disebabkan adanya 10 kendaraan yang mogok.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana mengungkapkan, sepuluh kendaraan pemicu kemacetan itu mogok dan terhenti di tengah jalan, Minggu (27/2/2022).

"Ada sekitar 10 kendaraan yang mogok sehingga mengakibatkan antrean cukup panjang," kata Suntana dikutip dari Antara, Senin (28/2/2022).

Kondisi tersebut semakin parah dengan meningkatnya volume kendaraan yang memasuki Jalur Puncak karena momentum libur panjang peringatan Isra Mikraj.

Baca Juga: Bantah Kabar Kemacetan di Puncak Menelan Korban Jiwa, Kapolres Bogor: Kami Jaga Sambil Bagikan Snack

Suntana menyebutkan, sekitar 80.000 kendaraan yang masuk ke wilayah Puncak dan Sukabumi dari pintu Tol Ciawi sejak Sabtu (26/2/2022).

Sementara, dari arah sebaliknya, tak sedikit pula rombongan orang yang hendak berlibur ke Puncak hingga jumlahnya mencapai sekitar 50.000 kendaraan.

"Yang sudah kembali memasuki Tol Ciawi arah Jakarta sekitar 50.000 kendaraan sehingga sisa 27.000 kendaraan di Jalur Puncak atau Jalur Sukabumi," jelas Suntana.

Suntana pun menegaskan bahwa polisi telah mengatasi kemacetan parah di Puncak, seperti yang terekam dalam sebuah video viral di media sosial belakangan ini.

Baca Juga: Hari Ini Kawasan Puncak Bogor Diberlakukan Rekayasa Lalu Lintas

Menurut Suntana, pihaknya menjalankan standar operasional prosedur (SOP) dengan menempatkan beberapa personel di lokasi-lokasi yang rawan terjadi kemacetan.

"Dengan rekayasa (lalu lintas) yang dilakukan anggota di lapangan bersama dengan yang lain, kepadatan bisa terkendali," tutur Suntana.

"Saya rasa Polres Bogor bersama instansi lain melaksanakan tindakan yang sangat cepat," sambungnya.

Di samping itu, menanggapi fenomena lautan sepeda motor yang juga terjadi di Jalur Puncak, Suntana mengatakan bahwa pihaknya juga akan segera melakukan sosialisasi.

"Kami akan melakukan sosialisasi, bahkan edukasi. Kalau perlu, melakukan tindakan-tindakan terhadap perilaku pengendara motor yang berjalan rombongan," tandasnya.

Sebab, rombongan pesepeda motor di jalan raya termasuk salah satu penyebab utama kemacetan, tak terkecuali di Jalur Puncak, Bogor.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x