Kompas TV regional peristiwa

Kisah Pemkab Sragen Rebranding Gunung Kemukus, Ubah Citra Prostitusi jadi Wisata Keluarga dan Religi

Kompas.tv - 20 Februari 2022, 13:14 WIB
kisah-pemkab-sragen-rebranding-gunung-kemukus-ubah-citra-prostitusi-jadi-wisata-keluarga-dan-religi
Kondisi The New Kemukus saat malam hari (Sumber: Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

SRAGEN, KOMPAS.TV – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen, Jawa Tengah melakukan rebranding terhadap satu objek wisata yang dimasa lalunya lekat dengan kegiatan prostitusi menjadi tempat wisata keluarga dan religi bernama The New Kemukus.

The New Kemukus terletak di Dukuh Barong, Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam kunjungannya ke The New Kemukus menyatakan, besar harapan Kemukus tidak lagi dikenal sebagai sex mountain melainkan wisata keluarga.

"Hari ini saya gowes sengaja mengajak para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan camat supaya mengetahui Gunung Kemukus. Semoga objek wisata ini mendunia dan tidak lagi dikenal sebagai sex mountain, melainkan wisata keluarga," kata Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam keterangan tertulis, dikutip KOMPAS.TV, Minggu (20/2/2022).

Dalam kunjungannya itu, Bupati berencana untuk menyiapkan tempat pengelolaan sampah reuse, reduse, and recycle (3R).

Baca Juga: 4 Hal yang Tidak Terungkap dari Viral Lintang Kemukus Menurut ISSS dan LAPAN

Hal tersebut dilakukan, kata Kusdinar salah satunya demi menyelesaikan persoalan sampah dan wisatawan bisa nyaman berkunjung di The New Kemukus.

Kendati demikian, ia berharap dengan adanya pengelolaan sampah dan citra baru Gunung Kemukus seluruh warga bisa ikut menjaga.

"Kami harap warga bisa ikut menjaga aset New Kemukus, citra baru Gunung Kemukus," ucapnya.

Sementara itu, ada beberapa fasilitas tersedia di The New Kemukus meliputi pendapa di depan makam Pangeran Samodra, pendapa kedua, museum, dan Sendang Ontrowulan.

Adapun spot yang biasa diminati pengunjung yang datang ialah ruang terbuka di pinggir sungai yang memanjang dari selatan ke utara. Dari lokasi itu, pengunjung bisa langsung melihat Jembatan Samodra.

The New Kemukus, sudah dibuka secara bertahap sejak awal 2022. Para pengunjung pun sudah mulai memadati kawasan ini.

Tiket masuk The New Kemukus dibanderol murah meriah. Pengunjung hanya cukup bayar Rp5 ribu untuk hari biasa, sementara untuk hari libur tiket masuk menjadi Rp6 ribu.

Khusus malam Jumat Pon dan Kliwon tiket masuk Kemukus Rp10 ribu. Setiap kendaraan yang datang dikenai biaya parkir, untuk mobil Rp5 ribu, kendaraan bus Rp10 ribu, dan kendaraan bermotor Rp3 ribu.

Baca Juga: Sosok Pria Asal Sragen Penyelamat Buaya Terlilit Ban di Palu, Dibandingkan dengan Panji Petualang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x