Kompas TV regional berita daerah

Penemuan Pemukiman Kuno Abad 13

Kompas.tv - 14 Februari 2022, 18:53 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

KOTA BLITAR, KOMPAS.TV - Pemukiman kuno abad ke 13, ditemukan oleh tim BPCB Jawa Timur saat melakukan ekskavasi di Kota Blitar. Meski permukimannya belum nampak secara keseluruhan, namun dari benda - benda yang ditemukan memperkuat bahwa di lokasi tersebut merupakan bekas pemukiman kuno.

5 hari sudah, tim arkeolog dari BPCB Jawa Timur, melakukan ekskavasi struktur batu bata kuno di Sananwetan Kota Blitar. Para petugas terus menggali dan meneliti struktur batu bata kuno, yang diduga merupakan pagar pemukiman.

Selain menemukan bangunan pagar kuno sepanjang 16 meter, tim BPCB juga mendapati pecahan gerabah dan keramik. Setelah dilakukan observasi gerabah dan keramik tersebut, diduga merupakan peninggalan abad ke 13 hingga 14.

Dari sejumlah temuan tersebut, tim arkeolog menyimpulkan bahwa di lokasi tersebut, dulunya merupakan pemukiman kuno abad ke 13. Kini petugas terus mencari sejumlah benda bersejarah lain, untuk menguatkan dugaan adanya pemukiman kuno tersebut.

Diduga pemukiman kuno tersebut, memiliki luas lebih dari 50 meter persegi. Pemukiman kuno tersebut, juga diduga merupakan tempat bermukim dari warga strata rendah.

#beritablitar
#eskavasi
#pemukimankuno
#cagarbudaya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x