Kompas TV regional berita daerah

3 Sungai Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Kompas.tv - 21 Januari 2022, 20:14 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Ratusan rumah warga di Jember Jawa Timur terendam banjir luapan 3 sungai yang berhulu di lereng gunung argopuro. Bahkan sejumlah bangunan di bantaran sungai rusak diterjang banjir.

Video amatir itu memperlihatkan detik-detik rumah warga rusak diterjang banjir luapan sungai badean Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember, pada Kamis (20/1/2022).

Selain sungai badean, sungai dinoyo dan sungai kalijompo juga meluap. Luapan 3 sungai terjadi setelah hulu sungai di daerah lereng pegunungan argopuro diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Dampaknya, pemukiman warga di Kampung Tempean Kecamatan Rambipuji terendam banjir. Banjir datang dari luapan sungai dinoyo dengan ketinggian satu meter. Kondisi itu sempat membuat warga panik menyelamatkan diri dan harta benda.

Baca Juga: Jembatan Darurat Antar Desa Putus Diterjang Banjir

Menurut Kepala Desa Rambipuji, Dyah Setyorini, banjir di Desa Rambipuji rutin terjadi setiap tahun, terutama saat terjadi hujan deras di kawasan hulu sungai. Dari data Pemerintah Desa Rambipuji, tercatat ada 50 rumah warga yang terendam luapan sungai dinoyo.

Pemerintah Desa Rambipuji telah menyiapkan pengungsian di balai desa, jika banjir tidak kunjung surut.

 

#sungaimeluap #banjirluapansungai #banjirjember #gunungargopuro



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x