Kompas TV regional berita daerah

Lagi, Gunung Semeru Muntahkan Lahar Hujan Disertai Awan Panas

Kompas.tv - 22 Desember 2021, 12:47 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur, kembali memuntahkan banjir lahar hujan setelah diguyur hujan. Di saat bersamaan gunung tertinggi di Pulau Jawa itu, juga mengeluarkan awan panas guguran.

Warga di daerah Sungai Leprak, tepatnya di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, merekam detik-detik terjadinya letusan sekunder Gunung Semeru, pada Senin petang (20/12).

Pertemuan banjir lahar dengan endapan material vulkanik yang masih panas membuat kepulan asap putih kecoklatan membumbung tinggi ke udara. Material awan panas yang terjadi bersamaan, membuat kepulan asap makin meninggi.

Beruntung, banjir lahar hujan kali ini tidak sampai membuat jebol tanggul darurat yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan.

Baca Juga: Banjir Lahar Hujan Semeru, Warga Dievakuasi ke Tempat Aman

Ironisnya, warga yang berada di bagian hilir Sungai Leprak, tepatnya di Desa Jugosari,  malah menonton kejadian tersebut. Mereka mengaku melakukan pemantauan untuk mengetahui perkembangan debit air.

Taufik, salah satu warga Desa Jugosari mengaku bersyukur karena material pasir dan batu yang terbawa banjir lahar, nantinya dapat ditambang kembali.

Banjir lahar hujan Gunung Semeru masih berpotensi kembali terjadi, karena curah hujan selam 2 hingga 3 bulan kedepan masih cukup tinggi.

 

#gunungsemeru #banjirlaharhujan #awanpanasguguran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x