Kompas TV regional peristiwa

Cerita Anak di Solo yang Suntik Vaksin Covid-19 Ditemani Orang Tua hingga Superhero

Kompas.tv - 21 Desember 2021, 17:37 WIB
cerita-anak-di-solo-yang-suntik-vaksin-covid-19-ditemani-orang-tua-hingga-superhero
Sejumlah superhero turut menemani anak-anak yang menerima vaksinasi Covid-19 di sekolah, Selasa (21/12/2021). (Sumber: Kompas TV/Widi Nugroho)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV - Anak-anak di Solo, Jawa Tengah tampak antusias mengikuti vaksinasi Covid-19.

Terlebih pada hari pertama pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun, ada sejumlah superhero dan karakter dari film-film terkenal yang turut menemani.

Mulai dari Naruto, Spiderman, Bumblebee, Supergirl, Superman, hingga karakter dari film 'Frozen', Elsa.

Salah satu siswa bernama Afika (9) bahkan mengaku tidak merasakan sakit saat disuntik vaksin.

"Rasanya biasa saja. Tidak nangis. Tadi sama Ibu disuruh sarapan dulu sama minum susu," ucap siswi kelas III SDN Kleco I, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (21/12/2021).

Berdasarkan video yang dipantau Kompas.TV, terlihat sejumlah anak juga disuntik dengan didampingi orang tua. Meski begitu, mereka tetap bersemangat ketika hendak divaksin.

Bahkan, kehadiran para superhero di lokasi vaksin juga turut menyemangati dan menemani anak saat melakukan vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi Anak di Sekolah, Gibran Beri Hadiah Sepeda

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta Siti Wahyuningsih, hingga saat ini belum ditemukan kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI). 

Wahyuningsih berharap orang tua wali di setiap sekolah dapat memanfaatkan layanan vaksinasi ini sesuai dengan jadwal yang telah ada.

”Mari dimanfaatkan kesempatan yang baik ini. Pemerintah sudah membuka kesempatan untuk menambah perlindungan bagi anak lewat vaksinasi. Jadi, mohon diikuti sesuai jadwalnya biar semua cepat tervaksin dan kekebalan segera diperoleh anak-anak,” ujar Wahyuningsih.

Selain itu, Wahyuningsih menyatakan pentingnya pendampingan orang tua dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap anak. Terutama untuk memastikan kondisi kesehatan anak pada saat sebelum dan setelah disuntik vaksin.

Terlebih, kata Wahyuningsih, anak-anak terkadang belum terlalu memahami kondisi kesehatannya.

”Sebagian anak kadang-kadang tidak terlalu mengerti, apakah kena Covid-19, atau sempat sakit dalam waktu dekat. Jadi perlu pendampingan orang tua. Tidak bisa asal saja manut waktu mau disuntik,” ucapnya.

Baca Juga: Pemkot Solo Mulai Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun, Target Suntik Capai 57.000 Orang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x