Kompas TV regional peristiwa

Pemkot Solo Mulai Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun, Target Suntik Capai 57.000 Orang

Kompas.tv - 21 Desember 2021, 16:26 WIB
pemkot-solo-mulai-vaksinasi-covid-19-anak-usia-6-11-tahun-target-suntik-capai-57-000-orang
Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun pada hari ini, Selasa (21/12/2021). (Sumber: Kompas.com/Labib Zamani)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, Jawa Tengah, mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun pada hari ini, Selasa (21/12/2021).

Vaksinasi digelar serentak oleh 36 sekolah. Pemkot Solo menargetkat untuk menyuntik sebanyak 4.800 anak dalam sehari. Sementara target vaksinasi anak secara keseluruhan sebanyak 57.000 orang.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka optimistis pihaknya dapat melakukan vaksinasi anak usia 6-11 tahun kepada 57.000 orang dalam waktu dua bulan.

”Sejauh ini, kondisi stok vaksin aman. Targetnya selesai dua bulan untuk 57.000 anak,” kata Gibran seperti dilansir Kompas.id, Selasa (21/12/2021).

Pada pelaksanaan hari pertama, Gibran meninjau langsung vaksinasi Covid-19 di SD Negeri 1 Kleco, Laweyan, Surakarta.

Dalam kesempatan itu, berdasarkan pantauan jurnalis Kompas.id, Gibran juga memberikan sepeda hingga sepatu roda kepada sebagian anak yang mau divaksin. Sebelumnya, mereka diminta menjawab pertanyaan atau bernyanyi.

Baca Juga: Lokasi dan Syarat Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun di DKI Jakarta

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta Siti Wahyuningsih, hingga saat ini belum ditemukan kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI). 

Wahyuningsih berharap orang tua/wali di setiap sekolah dapat memanfaatkan layanan vaksinasi ini sesuai dengan jadwal yang telah ada.

”Mari dimanfaatkan kesempatan yang baik ini. Pemerintah sudah membuka kesempatan untuk menambah perlindungan bagi anak lewat vaksinasi. Jadi, mohon diikuti sesuai jadwalnya biar semua cepat tervaksin dan kekebalan segera diperoleh anak-anak,” ujar Wahyuningsih.

Diberitakan sebelumnya, vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun dimulai hari ini, Selasa (14/12/2021). Vaksin yang akan digunakan adalah Sinovac.

“Vaksinasi anak 6 sampai 11 tahun akan mulai besok (hari ini), diresmikan Presiden. Vaksinnya Sinovac,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Senin (13/12/2021).

Dia menyebut, untuk sementara hanya sebanyak 115 kabupaten/kota di Indonesia yang akan menyelenggarakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Hanya kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria ketercapaian 70 persen vaksin dosis pertama dan 60 persen vaksin lansia, yang bisa menyelenggarakan vaksinasi anak.

"Siapa yang boleh melakukan vaksinasi adalah kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria untuk 70 persen vaksinasi pertama dan 60 persen vaksinasi lansia, jadi kita identifikasi ada 115 kabupaten/kota di beberapa provinsi yang sudah memenuhi kriteria dan mereka yang akan kita berikan vaksin Sinovac untuk anak-anak," ujarrnya.

Budi mengatakan, suntikan vaksin untuk anak dengan Sinovac sudah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Selisih waktu antara pemberian dosis pertama dan kedua vaksin Sinovac pada anak sama dengan pada orang dewasa yakni 1 bulan atau empat minggu.

Baca Juga: Anak Takut Disuntik? Ini Strategi Jitu Dari Psikolog untuk Orang Tua



Sumber : Kompas TV/Kompas.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.