Kompas TV regional peristiwa

Anies Baswedan Kenang Sosok Haji Lulung Warnai Perjalanan Ibu Kota Jakarta

Kompas.tv - 18 Desember 2021, 14:33 WIB
anies-baswedan-kenang-sosok-haji-lulung-warnai-perjalanan-ibu-kota-jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat upacara peringatan Rapat Besar Ikada ke-76, Senin (20/9/2021). Anies Baswedan menyebut nama besar mantan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta alm Abraham Lunggana atau Haji Lulung telah mewarnai perjalanan ibu kota Jakarta selama bertahun-tahun. Hal itu diungkapkan Anies dalam tahlil virtual, Jumat (17/12/2021) malam. (Sumber: Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Penulis : Baitur Rohman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 180 orang hadir mengikuti tahlil virtual untuk mendoakan mantan wakil ketua DPRD DKI Jakarta almarhum Abraham Lunggana atau Haji Lulung, yang meninggal dunia karena penyakit jantung.

Acara doa dan tahlil yang digelar Jumat (17/12/2021) malam itu diinisiasi oleh Koordinator Simpul Umat Cinta Negeri, Sutrisno Muslimin.

Turut hadir sejumlah politisi dan pejabat DKI Jakarta, di antaranya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Senator DPD RI dapil DKI Jakarta Fahira Idris, dan anggota DPR RI  Fraksi PKS Mardani Ali Sera. 

Hadir juga mantan politisi Perindo Syarif Hidayatulloh, anggota DPRD DKI Jakarta yang juga putra almarhum Guruh Tirta Lunggana, serta kerabat almarhum Riano P Ahmad.

Baca juga: Keluarga Mendiang Haji Lulung Ucapkan Terima Kasih Atas Perhatian dan Doa Semua Pihak

Anies Baswedan menyebut, acara tahlilan virtual itu menggambarkan betapa banyaknya kolega, sahabat hingga rekan politik almarhum yang merasa kehilangan, sehingga doa pun terus mengalir untuk Almarhum Haji Lulung.

"Momen seperti malam ini, sebuah doa bersama, dzikir, tahlil dan yasin dipanjatkan di mana-mana untuk almarhum Haji Lulung. Ini menggambarkan betapa pribadinya dan kebaikannya selama hidupnya almarhum begitu luas," kata Anies, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (18/12/2021).

Anies menyebut, dirinya pribadi merasakan betul kedekatan selama beberapa tahun terakhir ini, saat mereka rutin berjumpa dan berbincang bersama.

"Sama sekali tak terbayangkan, bahwa hari Selasa kemarin kita semua mengantarnya pulang ke Rahmatullah," ujarnya.

Anies kemudian menyebut nama besar Haji Lulung yang telah mewarnai perjalanan ibu kota Jakarta selama bertahun-tahun, harus dijadikan kesempatan untuk mengambil hikmah sekaligus juga bagaimana meneruskan apa yang menjadi perjuangan almarhum semasa hidupnya.

Baca juga: Ikut Salatkan Jenazah Haji Lulung, Anies: Jakarta Kehilangan Salah Satu Putra Betawi Terbaik

"Almarhum telah meninggalkan nama baik. Amal jariahnya tersebar dimana-mana. Maka, jagalah nama baik ini bukan sebagai beban, tetapi sebagai kehormatan," ucap Anies.

Secara khusus, Anies juga berpesan kepada keluarga besar Haji Lulung, khususnya anak-anaknya, untuk meneruskan perjuangan almarhum.

"Jaga nama baik almarhum dan teruskan perjuangannya," ucap Anies.

Adapun putra Haji Lulung, Guruh Tirta Lunggana mengucapkan terimakasih kepada rekan dan kolega yang telah meluangkan waktu untuk mendoakan ayahnya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas perhatian yang begitu besar kepada almarhum.

"Kami atas nama keluarga Haji Lulung menyampaikan terima kasih kepada sahabat, kolega, dan seluruh pihak atas doa, perhatian,  dan dukungannya yang begitu besar. Semoga kebaikan bapak ibu semua dibalas oleh Allah SWT," ucap Legislator asal Dapil DKI Jakarta 10 itu.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x