Kompas TV regional berita daerah

Anak Takut Suntik Vaksin Covid-19, Dihibur Badut dan Ditenangkan Orangtua

Kompas.tv - 17 Desember 2021, 21:49 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JAWA TIMUR, KOMPAS.TV - Teaser : Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun terus digalakkan di sejumlah daerah di Provinsi Jawa Timur. Untuk mengurangi rasa takut pada jarum suntik, panitia mendatangkan badut dan orangtua untuk menghibur dan menenangkan anak.

Pemkot Kediri Jawa Timur sengaja mendatangkan badut di lokasi vaksinasi Covid-19 untuk anak di SD Banjaran Center Kota Kediri, pada Kamis (16/12/2021).

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar mengatakan bahwa badut itu bertugas menghibur anak-anak yang akan suntik vaksin agar tidak tegang dan takut.

Hasilnya, anak-anak yang sebelumnya merasa takut menjadi berani untuk disuntik vaksin. Vaksinasi kali ini merupakan tahap pertama dengan 2 ribu dosis yang menyasar anak usia 6 - 11 tahun.

Baca Juga: Pemerintah Daerah Menggalakkan Vaksinasi Anak, Bahkan Jadi Syarat Sekolah Tatap Muka

Vaksinasi Covid-19 untuk anak juga digelar di Kota Madiun Jawa Timur, pada Kamis (16/12/2021). Tepatnya di gerai vaksin di Taman Sumber Wang, Kota Madiun.

Pemerintah mewajibkan orang tua hadir agar bisa mendampingi dan menenangkan anak yang ketakutan pada jarum suntik. Beberapa anak ada yang menangis ketakutan, namun setelah dibujuk dan ditenangkan oleh orangtuanya akhirnya berani disuntik.

Baca Juga: Menggalakkan Vaksinasi Anak Usia 6 Tahun, Orangtua Diharapkan Beri Izin

Orangtua di Kota Surabaya Jawa Timur juga antusias mendampingi anak mereka untuk suntik vaksin di sejumlah sekolah, pada Kamis (16/12/2021). Salah satunya di Sekolah Dasar Negeri Mojo 3 Surabaya. Kehadiran orangtua sangat dibutuhkan oleh anak-anak agar lebih tenang dan tidak takut saat disuntik vaksin.

Seperti yang dialami, bocah bernama Muhammad Faisal Akbar. Ia awalnya meronta-ronta dan ingin kabur karena takut jarum suntik. Namun setelah dibujuk dan ditenangkan oleh orangtuanya, ia akhirnya dapat disuntik vaksin.

Diharapkan dengan vaksinasi covid 19 khusus untuk anak usia 6 - 11 tahun, bisa menambah kekebalan kelompok terhadap Covid-19. Vaksinasi juga sebagai syarat wajib bagi pihak sekolah yang rencananya akan menggelar pembelajaran tatap muka pada bulan Januari 2022.

 

#Badut #Orangtua #Anak6Tahun #VaksinasiAnak #Covid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x