Kompas TV regional berita daerah

Menggalakkan Vaksinasi Anak Usia 6 Tahun, Orangtua Diharapkan Beri Izin

Kompas.tv - 17 Desember 2021, 20:29 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SURABAYA DAN SUMENEP, KOMPAS.TV - Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun mulai digelar di sejumlah daerah di Provinsi Jawa Timur. Di Surabaya, vaksinasi anak disambut antusias oleh anak sekolah, namun masih ada sejumlah orangtua yang belum mengijinkan. Sedangkan di Sumenep, vaksinasi anak terkendala data sasaran.

Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun mulai digelar serentak di seluruh sekolah dasar di Indonesia, termasuk di Kota Surabaya Jawa Timur.

Di Surabaya, salah satu sekolah dasar yang menggelar vaksinasi adalah SDN 1 Rungkut Kidul, Kecamatan Rungkut. Sebanyak 200 siswa mulai kelas 1 hingga 6 mengikuti vaksinasi, yang digelar pada Rabu (15/12/2021)

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Mulai Menyasar Anak Usia 6 - 11 Tahun di Jatim dan Bali

Kepala SDN 1 Rungkut Kidul, Nunuk Sri Wahyu mengatakan bahwa antusiasme siswa untuk vaksinasi cukup tinggi hingga rela mengantri sejak pagi. Namun sayang, masih ada sejumlah orang tua siswa yang belum mengijinkan anaknya divaksin.

Jika di Surabaya terkendala izin orangtua, maka vaksinasi anak di Kabupaten Sumenep Jawa Timur terkendala data sasaran vaksin dan jenis vaksin yang akan digunakan dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Pemerintah Targetkan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Capai 26,5 Juta Orang

Kepala Dinas Kesehatan setempat, Agus Mulyono menyebutkan bahwa rencana vaksinasi untuk anak usia 6 hingga 11 tahun akan dilaksanakan bulan Januari 2022.

Karena hingga saat ini, Dinas Kesehatan setempat belum menerima data anak yang akan divaksin. Selain itu, pihak Dinas Kesehatan juga masih menunggu jenis vaksin dari pemerintah pusat yang akan digunakan.

Diharapkan dengan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun kekebalan kelompok terhadap virus corona semakin terbentuk, sehingga membutuhkan dukungan semua pihak, terutama orangtua.


#VaksinasiAnak #Covid-19 #Anak6Tahun



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x