Kompas TV regional berita daerah

Vaksinasi Covid-19 Mulai Menyasar Anak Usia 6 - 11 Tahun di Jatim dan Bali

Kompas.tv - 17 Desember 2021, 20:24 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JAWA TIMUR DAN BALI, KOMPAS.TV - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun mulai digelar di Provinsi Jawa Timur dan Bali. Anak-anak pun antusias mengikuti vaksinasi, namun sebagian masih ada yang nangis, karena takut jarum suntik.

Di Provinsi Jawa Timur, vaksinasi Covid-19 dilakukan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kebonsari 1 Kota Surabaya. Ada 614 siswa yang mengikuti vaksinasi, pada Rabu (15/12/2021).

Kepala SDN 1 Kebonsari Surabaya, Sri Yuniarti mengatakan bahwa vaksinasi kali ini merupakan tahap pertama dengan menggunakan vaksin jenis sinovac.

Baca Juga: Pemerintah Targetkan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Capai 26,5 Juta Orang

“Kebanyakan siswa antusias mengikuti vaksinasi, namun sejumlah siswa lainnya menangis, karena takut jarum suntik. Mereka pun harus didampingi orang tuanya agar ada yang menenangkannya,” ujar Sri Yuniarti.

Selain di Surabaya, vaksinasi anak juga dilakukan di Kota Madiun, pada Selasa (14/12/2021). Namun bedanya, vaksinasi anak digelar di gerai vaksin milik Pemkot Setempat yang berada di Taman Sumber Wangi Kota Madiun.

Wakil Walikota Madiun, Indaraya Ayu Miko Saputri mengatakan bahwa gerai vaksin itu menyediakan vaksin jenis sinovac dan buka mulai pukul 3 sore hingga delapan malam. Gerai vaksin akan berlangsung hingga tanggal 2 Januari 2022 dan selanjutnya vaksinasi anak akan digelar di sekolah.

Baca Juga: Antusias Pelajar Sekolah Dasar di Surabaya Ikuti Gelaran Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun!

Vaksinasi anak juga digelar di Provinsi Bali, tepatnya di Desa Keliki, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar. Vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun digelar secara serentak di sekolah dasar, pada Rabu (15/12/2021).

Kepala Puskesmas Tegallalang, dr. Dewa Gede Mahardika mengatakan bahwa beberapa anak masih ada yang menangis karena takut jarum suntik. Guru dan orangtua harus ekstra menenangkan mereka agar jarum suntik tidak melukainya.

Vaksinasi anak di sejumlah daerah pada akhir tahun 2021 merupakan tahap pertama. Sedangkan untuk tahap kedua akan dilakukan rentang waktu 4 minggu kemudian atau awal bulan Januari 2022.

 

#Vaksinasi #Covid-19 #Anak #Usia6Tahun #Usia11Tahun



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x