Kompas TV regional berita daerah

Pemerintah Daerah Menggalakkan Vaksinasi Anak, Bahkan Jadi Syarat Sekolah Tatap Muka

Kompas.tv - 23 Juli 2021, 19:58 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MADIUN DAN SUMENEP, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Madiun dan Sumenep Jawa Timur menggalakkan vaksinasi untuk anak berusia 12 hingga 17 tahun. Bahkan di Sumenep, vaksin akan dijadikan syarat bagi siswa untuk mengikuti pembelajaran tatap muka.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro harus turun langsung ke sejumlah desa untuk mengajak anak - anak mengikuti vaksinasi. Salah satunya di Desa Joho dan Desa Sewulan Kecamatan Dagangan.

Hal itu dilakukan karena jumlah anak-anak yang sudah divaksin masih rendah. Di Kabupaten Madiun sudah ada 148 ribu lebih warga yang divaksin. 5 persen diantaranya anak-anak usia 12 hingga 17 tahun.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Berhadiah Makanan dan Hewan Ternak, Minat Warga Pun Meningkat

Hal serupa dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Melalui Dinas Pendidikan setempat mulai menggalakkan vaksinasi untuk siswa SMA Negeri dan Swasta.

Kasi SMA Dinas Pendidikan Jawa Timur, Untung Slamet menjelaskan bahwa Pemkab Sumenep menjadikan vaksin sebagai syarat bagi siswa untuk mengikuti pembelajaran tatap muka.

Hal itu dilakukan karena masih banyak siswa yang dilarang oleh orangtuanya mengikuti vaksinasi dengan berbagai alasan. Sehingga dengan menjadikan vaksin syarat sekolah tatap muka, diharapkan jumlah anak-anak yang divaksin bertambah.

Baca Juga: Percepat Vaksinasi, Pendopo Bupati Jember Jadi Tempat Suntik Vaksin Lansia

Pemerintah daerah akan mendorong orangtua untuk mengajak anak-anak mereka vaksin. Hal itu sebagai bentuk ikhtiar untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari penularan virus corona.

 

#PercepatVaksinasi #VaksinAnak #HerdImmunity



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x