Kompas TV regional update

Warga Terdampak Erupsi Semeru akan Dapat Lahan Seluas 100 Meter Persegi di Tempat Relokasi

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 09:39 WIB
warga-terdampak-erupsi-semeru-akan-dapat-lahan-seluas-100-meter-persegi-di-tempat-relokasi
Kondisi rumah warga di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, usai diterjang awan panas guguran Gunung Semeru (Sumber: Kompas TV/Ant)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

LUMAJANG, KOMPAS.TV – Setiap warga terdampak erupsi Gunung Semeru yang direlokasi akan mendapatkan rumah dengan luas lahan kurang lebih 100 meter per segi di tempat relokasi.

Penjelasan itu disampaikan oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, saat mendampingi Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, di Posko Pengungsian SMPN 1 Candipuro, Selasa (14/12/2021).

"Setiap rumah nantinya yang kita rencanakan sesuai usulan, 100 meter persegi setiap keluarga yang akan dipersiapkan menjadi hunian tetap," jelasnya melalui keterangan tertulis di laman resmi Pemkab Lumajang.

Baca Juga: Update Erupsi Semeru: Korban Meninggal Bertambah Jadi 48 Jiwa, Dirawat 18 Orang

Dia menjelaskan, fokus pemerintah saat ini adalah melakukan penanganan pasca bencana.

"Berikutnya kita fokus lakukan langkah penanganan pasca bencana dan rehabilitasi bencana, pilihannya relokasi usulan relokasinya adalah lahan perhutani," ungkap Cak Thoriq, sapaan akrab bupati.

Sementara sambil menunggu pembangunan hunian tetap, nantinya akan dibangun hunian sementara sebagai pemukiman masyarakat di lokasi relokasi.

Diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, bahwa sudah ada beberapa alternatif lokasi yang akan dipilih sebagai lokasi relokasi bagi masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru.

Sementara, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak meminta agar Pemerintah Kabupaten Lumajang segera mengirimkan surat kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai instansi yang memiliki lahan.

Baca Juga: Tim SAR Kembali Tambah Waktu Operasi Pencarian Korban Bencana Semeru

"Nanti biar segera bersurat mana lahan yang akan dijadikan lokasi relokasi," terangnya.

Wagub juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah peduli dan membantu para korban terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat semua menyampaikan kepedulian kepada sesama," pungkasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x