Kompas TV regional peristiwa

Jamaah Ini Ungkap Detik-detik Meninggalnya Mang Oded saat Hendak Jadi Khatib Salat Jumat

Kompas.tv - 11 Desember 2021, 06:50 WIB
jamaah-ini-ungkap-detik-detik-meninggalnya-mang-oded-saat-hendak-jadi-khatib-salat-jumat
Tangkapan layar suasana Masjid Mujahidin Muhammadiyah Kota Bandung saat Walikota Oded M Danial terjatuh dan tak sadarkan diri sesaat hendak menjadi khatib di masjid tersebut, Jumat (10/12/2021). (Sumber: TribunCirebon)
Penulis : Gading Persada

BANDUNG, KOMPAS.TV— Seorang jamaah Masjid Mujahidin Muhammadiyah Kota Bandung bernama Ade Bayu menjadi saksi saat Wali Kota Bandung Oded M Danial atau akrab disapa Mang Oded meninggal dunia.

Mang Oded wafat sesaat hendak menjadi khatib Salat Jumat di masjid yang berada di Jalan Sancang Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/12/2021).

Ade Bayu masih ingat persis detik-detik Mang Oded wafat di masjid tersebut. Jamaah ini bercerita bahwa saat itu ia tengah melaksanakan salat sunat tahiyatul masjid.

Di saat salat tersebut, dirinya mendengar bahwa DKM Mujahidin Muhammadiyah tengah mengumumkan bahwa khatib Jumat hari itu adalah Mang Oded.

"Kejadiannya sekitar jam 11.50an WIB, sesaat sebelum dimulainya ceramah, saat itu saya sedang salat sunnah, dan DKM umumkan bahwa yang bertindak sebagai khotib saat itu adalah Wali Kota Bandung, Mang Oded, sebelumnya saya engga tahu kalau emang sudah ada Mang Oded di tengah-tengah jamaah," ujarnya saat ditemui di sekitar Masjid Mujahidin Muhammadiyah, Jumat (10/12/2021).

Baca Juga: Profil Mang Oded, Wali Kota Bandung yang Meninggal saat akan Ceramah Salat Jumat

Melansir TribunCirebon, Sabtu (11/12), Ade Bayu mengatakan sesaat setelah diumumkan tersebut, almarhum Mang Oded yang hendak berdiri dan menaiki mimbar, tiba-tiba terjatuh, dan segera ditolong oleh para jamaah dan protokol Pemkot Bandung. 

DKM sempat menanyakan kepada jamaah, adakah yang berprofesi sebagai dokter, guna memastikan kondisi Mang Oded. 

"Saat itu, salah seorang DKM sempat bertanya, adakah jamaah yang merupakan dokter. Setelah sesaat kemudian, tubuh Mang Oded langsung ditandu ke luar masjid untuk di bawa ke rumah sakit," ungkapnya.

Walikota Bandung periode 2018-2023 itu segera di bawa ke Rumah Sakit Muhammadiyah guna mendapatkan perawatan medis.

Setelah menggelar salat Jumat, lanjut dia, DKM kembali mengumumkan, meminta jamaah untuk sejenak menggelar doa bersama untuk keselamatan Mang Oded. 

Namun, setelah doa bersama digelar, diumumkan kembali bahwa Mang Oded telah wafat.

Baca Juga: Kabar Duka, Wali Kota Bandung Oded M Danial Meninggal usai Pingsan saat Ceramah Salat Jumat



Sumber : Tribun Cirebon


BERITA LAINNYA



Close Ads x