Kompas TV regional berita daerah

TNI AU Kerahkan 40 Pesawat Tempur Hancurkan Pangkalan Udara Musuh

Kompas.tv - 25 November 2021, 16:30 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - TNI Angkatan Udara mengerahkan puluhan pesawat tempur dan ribuan personel untuk menghancurkan pangkalan udara musuh. Kegiatan itu merupakan latihan puncak Angkasa Yudha tahun 2021 yang digelar untuk meningkatkan kemampuan serangan udara strategis di Lumajang Jawa Timur.

Sejumlah pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara dikerahkan untuk menghancurkan pangkalan udara musuh di lapangan tembak AWR Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, pada Rabu (24/11/2021).

Pesawat tempur kemudian meluncurkan puluhan bom ke arah sasaran. Bom yang diluncurkan tidak berhulu ledak tinggi, karena untuk melatih prajurit TNI AU dalam menyasar ketepatan target. Hasilnya seluruh bom yang diluncurkan mengenai sasaran.

Ada 40 pesawat TNI Angkatan Udara yang dikerahkan dalam latihan itu. Pesawat itu melakukan manuver lapangan dan melaksanakan berbagai misi operasi udara, mulai operasi intelijen, operasi pengamatan dan pengintaian udara, operasi udara serangan strategis, operasi udara lawan udara ofensif dan defensif, operasi udara lawan darat dan operasi mobilitas udara.

Baca Juga: Latihan Perang, TNI AU Kerahkan 39 Pesawat Tempur untuk Melancarkan Serangan Udara

Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Fadjar Prasetyo mengatakan bahwa  latihan manuver lapangan angkasa yudha 2021 bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur prajurit TNI AU sekaligus sebagai bahan evaluasi dalam peningkatan kemampuan tempur seluruh satuan jajaran.

 

#tniau #angkasayudha2021 #latihantempur #latihanperang #pesawattempur #pangkalanudara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x