Kompas TV regional berita daerah

Guma Raksasa Ikon Senjata Tradisional Asal Sulteng

Kompas.tv - 11 November 2021, 07:49 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PALU, KOMPAS.TV - Hari pahlawan 10 november menjadi momen Komando Resort Militer 132 Tadulako memperkenalkan senjata tradisional asal Sulteng bernama Guma. uniknya senjata tajam bernama Guma itu dibuat berukuran besar dan bakal menjadi ikon senjata tradisional asal Sulawesi Tengah.

Sekitar dua puluh personel anggota tni ditugaskan mengangkat satu senjata tajam raksasa yang dalam bahasa daerah di sulawesi tengah dikenal dengan nama Guma. Senjata tajam itu dibuat berukur 7,7 meter dan bakal dijadikan salah satu  ikon di Sulawesi Tengah.

Guma sendiri merupakan nama senjata tajam yang dipakai warga Sulawesi Tengah. Guma dipercaya punya cerita dan keterkaitan dengan pahlawan dalam sosok Tadulako. Senjata tajam berukuran besar itu dikirab dari Markas Komando 132 Tadulako ke musem senjata tradisional guma di jalan Hasanuddin Palu.

Prosesi kirabnya sendiri melibatkan tokoh adat dan upacara adat serta tarian pengantaran, sejumlah komunitas senjata tradisional juga ikut dilibatkan dalam pembuatan guma raksasa itu.

Guma berukuran 7,7  meter itu kemudian dipajang di depan museum senjata tradisional Guma. Guma raksasa itu pun bakal dijadikan ikon senjata tradisional asal Sulawesi Tengah.

#Guma #SenjataTradisionalSulteng #BrigjenFaridMakruf 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x