Kompas TV regional berita daerah

Pasar Hutan Jati, Cara Desa Hidupkan UMKM di Masa Pandemi

Kompas.tv - 10 November 2021, 14:14 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BATANG, KOMPAS.TV -  Pusat Belanja Sahabat Kalisalak (Pujasalika) yang berada di areal hutan jati, disini aneka jajanan digelar oleh para UMKM yang jumlahnya lebih dari 40 penjual. Tempat ini tak hanya menawarkan jajanan tradisional yang unik seperti bubur candil, apem, pisang godog, dan risole, juga menjual aneka sayuran serta buah-buahan layaknya sebuah pasar tradisional.

Pengrajin hiasan pernak pernik tangan juga tak mau kalah mencari rejeki dengan menjajakan hasil kreasinya.

Dibuatnya Pujasalika ini merupakan upaya pemerintah desa setempat bekerjasama dengan tim penggerak PKK dengan maksud untuk membantu UMKM bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Upaya menghidupkan UMKM di tengah pandemi ini mendapat apresiasi dari Camat Batang Luksono Pramudito. Namun para pedagang diingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan selama Pujasalika digelar.

Selain menawarkan makanan dan minuman, pihak panitia membuka bank sampah dan cek kesehatan gratis. Di sini pengunjung bisa menyumbang sampah di bank sampah yang dikelola oleh pihak desa setempat. Kegiatan semakin seru karena juga ada hiburan live musik.

#batang #umkm #pujasalika

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x