Kompas TV regional berita daerah

Wow! Udinus Terima Hibah Komputer Canggih

Kompas.tv - 9 November 2021, 12:56 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menerima hibah super komputer dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Direktur Center of Excellence Udinus Profesor Zainal A Hasibuan mengatakan, akan menggunakan super komputer ini untuk mendalami penyakit TBC. Sehingga ke depan bisa mencegah penularan TBC dari data-data yang diperoleh melalui super komputer ini.

Selain itu, super komputer juga akan digunakan udinus untuk meningkatkan UMKM. Data yang diperoleh dari perilaku pembeli diharapkan bisa memajukan pelaku UMKM.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menggunakannya untuk melestarikan kebudayaan di Indonesia, salah satunya yakni pelestarian gamelan melalui digitalisasi. Sekaligus juga diharapkan mendongkrak pariwisata di Indonesia.

Direktur PT Epsindo Prima Solusi Rene Indiarto Widjaja, yang menyalurkan hibah dari Kemendikbudristek tersebut mengatakan, dipilihnya Udinus sebagai penerima hibah super komputer karena saat ini dinilai yang paling kompeten di Jawa Tengah. Diungkapkan, total nilai hibah ini mencapai Rp 8 miliar lebih.

Dijelaskan, bantuan ini tak hanya super komputer saja, namun juga pelatihan SDM untuk artifical intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Selain itu juga riset AI serta kolaborasi dengan industri. Rene menambahkan, saat ini super komputer merupakan yang tercanggih. Sehingga saat ini super komputer sangat dibutuhkan pada semua sektor.

#superkomputer #udinus #kemendikbudristek

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x