Kompas TV regional berita daerah

Pengolahan Emas Tanpa Merkuri

Kompas.tv - 9 November 2021, 10:10 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MINUT, KOMPAS.TV- Pemerintah Kanada yang diwakili  Arsanal Gold Council bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup, mendirikan fasilitas pengolahan emas tanpa merkuri di sejumlah daerah di Indonesia, salah satunya di Tatelu Minahasa Utara.

Kini pengolahan emas bisa dilakukan tanpa merkuri. Pengolahan emas tanpa merkuri ini merupakan teknologi yang berasal dari Kanada, yang dihibahkan kepada Indonesia melalui Arsanal Gold Council dan Yayasan Emas Arsanal Indonesia, dalam program pertambangan emas rakyat sejahtera atau PERS.

Dengan mengolah emas tanpa menggunakan bahan kimia merkuri yang berbahaya bagi lingkungan hidup dan kesehatan tubuh manusia, membuat pengolahan emas dapat menjadi ramah lingkungan. Penggunaan merkuri kini bisa digantikan dengan zat asam amino bernama gleasin yang dicampur dengan sedikit sianida, dengan cost yang lebih rendah namun memiliki tingkat ekstrak emas yang lebih tinggi, yaitu 80 persen.

Pemerintah Kanada telah membangun sejumlah fasilitas pengolahan emas tanpa merkuri di seluruh Indonesia, salah satunya di Desa Tatelu Minahasa Utara yang kini diserahkan kepada warga melalui koperasi.

Dengan adanya bantuan dari Pemerintah Kanada juga pendampingan dari AGC dan Y.E.A.I diharapkan adanya perubahan perilaku pengolahan emas khususnya di Sulawesi Utara, juga adanya keseimbangan dalam hal jumlah dan kesejahteraan, diantara pekerja pria dan wanita dalam industri pertambangan di Sulut.

#kompastvmanado #kanada #emas

Edward Siwi Jimmy Dapar Kompas tv Minahasa Utara

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x