Kompas TV regional peristiwa

Ini Anatomi Kecelakaan Maut Vanessa Angel di Tol Jombang dari Olah TKP Polisi

Kompas.tv - 5 November 2021, 12:38 WIB
ini-anatomi-kecelakaan-maut-vanessa-angel-di-tol-jombang-dari-olah-tkp-polisi
Vanessa Angel bersama anak dan suaminya. (Sumber: Instagram/@vanessaangelofficial)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sopir kelelahan dan mengantuk hingga ban pecah menjadi anatomi penyebab kecelakaan yang kerap terjadi di jalan Tol.

Salah satu faktor tersebut jugalah yang membuat mobil yang ditumpangi Vanessa Angel bersama keluarganya kecelakaan di Tol Jombang-Mojokerto (Jomo), Jawa Timur karena sopir mengaku mengantuk saat membawa kendaraan.

Dirlantas Polda Jawa Timur Kombes Pol Latif Usman menjelaskan selain dua faktor tersebut kecepatan kendaraan saat melaju di jalan tol juga dapat membuat risiko kecelakaan semakin parah.

Menurut Latif hasil olah TKP diketahui selain dugaan mengantuk, sopir Vanessa Angel juga menjalankan mobil dengan kecepatan 120 KM per jam, melampaui batas maksimal jalan tol yakni 100 KM per jam. 

Baca Juga: Mertua Vanessa Minta Kelalaian Sopir yang Sebabkan Kecelakaan Diusut Polisi

"Kecepatan kendaraan ini yang mengakibatkan fatalitas korban sampai meninggal dunia," ujar Latif saat dihubungi KOMPAS TV, Jumat (5/11/2021).

Lebih lanjut Latif menjelaskan sopir yang kelelahan, ban pecah ditambah kecepatan kendaraan memang menjadi anatomi kecelakaan di jalan tol di wilayah Jawa Timur.

Hal tersebut lantaran, jalan tol yang lurus, lalu lintas yang tidak terlalu padat membuat pengendara memacu kendaran dengan kecepatan yang tinggi tanpa menyadari risiko kecelakaan. 

Belum lagi keadaan keadaan jalan lurus yang membuat pengendara lelah dan mengantuk dan ingin memacu kendaraan agar cepat sampai. 

Baca Juga: Ringsek Parah Mobil Vanessa Angel Disita Polisi, Masih Ada Barang Tertinggal

Menurut Latif jika sopir Vanessa Angel berkendara dengan kecepatan yang ditentukan, kemungkinan besar fatalitas kecelakaan tidak tinggi.

"Ini yang sering diabaikan pengemudi. Rata-rata kecelakaan yang terjadi di tol ini ya karena ban pecah, kondisi pengemudi dan fatalitas kecelakaan karena kecepatan tinggi," ujar Latif.

Mobil terlempar

Latif menjelaskan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) sementara, kecelakaan tunggal yang merenggut nyawa Vanessa Angel beserta sang suami Bibi Andriansyah tidak ditemukan bekas pengereman untuk menghindari kecelakaan.

Mitsubishi Pajero putih dengan Nopol B 1264 BJU itu juga melaju dengan kecepatan 120 KM per jam di atas batas ketentuan jalan tol yakni 100 KM per jam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x