Kompas TV regional peristiwa

Pencarian 9 Awak KM Liberty 1 Terkendala Cuaca, Operasi SAR Berlanjut Hari Ini

Kompas.tv - 28 Oktober 2021, 12:26 WIB
pencarian-9-awak-km-liberty-1-terkendala-cuaca-operasi-sar-berlanjut-hari-ini
Proses pencarian ABK kapal kargo KM Liberty 1 yang tenggelam dihantam ombak di perairan utara Bali (Sumber: Dok. Basarnas Bali)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Fadhilah

DENPASAR, KOMPAS.TV – Hari ini, Kamis (28/10/2021), pencarian terhadap sembilan orang awak KM Liberty 1 terus dilakukan.

Cuaca yang kurang bersahabat menjadi tantangan dalam upaya pencarian dan pertolongan terhadap awak kapal kargo KM Liberty 1.

Adapun Rabu kemarin, Kapal SAR KN Arjuna 229 sudah menyelesaikan operasi pencarian dan penyelamatan pada Rabu petang dan sedang mengarah ke perairan Celukan Bawang, Buleleng.

“Cuaca yang berawan di perairan Laut Bali dan disertai hujan berdampak terhadap visibilitas upaya SAR,” kata Kepala Kantor SAR Kelas A Denpasar (Basarnas Bali) Gede Darmada, Kamis.

Diketahui, hingga Rabu kemarin, belum ditemukan tanda-tanda keberadaan sembilan orang awak KM Liberty 1, kapal kargo yang dilaporkan tenggelam di perairan utara Bali.

Kapal kargo KM Liberty 1 dilaporkan mengalami musibah dalam pelayarannya dari Surabaya, Jawa Timur, menuju Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (23/10/2021).

Kapal kargo berbendera Indonesia itu bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, pada Jumat (22/10/2021) pukul 00.07 WIB.

Baca Juga: KM Liberty 1 Tenggelam Dihantam Badai, 9 Awak Kapal Masih Dalam Pencarian

Kronologi KM Liberty 1 Tenggelam

Berdasarkan laporan Basarnas Bali menyebutkan, kapal kargo itu tenggelam setelah terhantam badai di perairan utara Bali, Sabtu (23/10/2021) malam.

Sebelum tenggelam, KM Liberty 1 dilaporkan mengubah haluan dari timur ke barat. Akan tetapi, kapal kargo itu dalam posisi miring.



Sumber : Kompas TV/Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x