Kompas TV regional berita daerah

Agen E-Warung Kuasai ATM Bansos PKH dan BPNT, Rawan Penyelewengan!

Kompas.tv - 7 Oktober 2021, 09:31 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Penyaluran bantuan sosial di Lumajang Jawa Timur kembali disorot publik, pasalnya kartu kesejahteraan sosial (KKS) yang seharusnya dipegang penerima bantuan, justru dipegang oleh agen pengelola e-warung sehingga rawan penyelewengan.

Sebanyak 361 kartu ATM berikut buku tabungannya diamankan oleh pihak kepolisian dan pemerintah Desa Pandanarum, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang. ATM tersebut merupakan kartu kesejahteraan sosial yang seharusnya dipegang oleh keluarga penerima manfaat bansos PKH dan BPNT.

Baca Juga: Warga Miskin Korban Pemotongan Dana Bansos Bertambah

Namun faktanya KKS tersebut justru dipegang oleh agen pemilik e-warung sehingga rawan diselewengkan. Ironisnya kondisi itu berlangsung sejak bantuan sosial PKH dan BPNT digulirkan oleh Kementerian Sosial. Bahkan para penerima manfaat sempat diancam akan diblokir bantuannya, jika kartu atm dan tabungannya tidak diserahkan ke agen e-warung.

Kepala Desa Pandanarum, Ati’un mengatakan bahwa atas kejadian itu, pihak desa langsung membuka posko pengaduan di balai desa setempat. Dengan posko ini diharapkan ada warga yang berani melapor jika ada temuan penyelewengan.

Baca Juga: Penyelewegan Dana Bansos Capai Ratusan Juta, Bupati Mendesak Polisi Usut Tuntas

Persoalan itu juga direspon pihak Dinas sosial dan Koordinator Pendamping PKH. Mereka turun langsung ke lapangan untuk mengecek apakah ada penyelewengan dengan modus pemindahan saldo rekening PKM  ke rekening pribadi.

Koordinator Pendamping PKH Kabupaten Lumajang, Akbar Alamin menyebutkan bahwa sejauh ini belum ditemukan penyelewengan, namun kami meminta agar ATM tersebut diserahkan ke penerima manfaat, agar warga lebih leluasa menggunakan bantuan yang diberikan pemerintah.

Baca Juga: Bupati Lumajang Cek Posko Pengaduan Korupsi Bansos PKH dan BPNT

Sebelumnya, ada dugaan penyelewengan dana bantuan sosial PKH dan BPNT di Desa Sawaran Kulon, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Bangkalan. Kasus itu mencuat setelah sejumlah penerima manfaat mengadu saldo rekening mereka berkurang. Kini kasus itu telah diselidiki oleh Polres Lumajang dengan memeriksa sejumlah saksi.

 

#penyelewengan #bantuansosial #agenewarung #pkh #bpnt #kks #lumajang




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x