Kompas TV nasional politik

Megawati Jawab Prabowo: Bung Karno Itu Milik Rakyat Indonesia

Kompas.tv - 24 Mei 2024, 17:51 WIB
megawati-jawab-prabowo-bung-karno-itu-milik-rakyat-indonesia
Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri saat menghadiri kampanye akbar Ganjar-Mahfud di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (8/2/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PDI Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan Presiden ke-1 RI Soekarno adalah milik rakyat Indonesia. 

Ia menyebut tak ada satu partai politik (parpol) di Indonesia yang mengeklaim Sang Proklamator hanya dimiliki oleh satu partai. 

Hal itu ia katakan saat menyampaikan sambutan pada Rakernas ke-V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024). 

Baca Juga: Saat Megawati Singgung Kecurangan Terstruktur di Rakernas V PDIP

"Saya dengar lho, kok ada yang bilang bahwa Bung Karno itu milik rakyat lho, bukan milik sementara (salah satu partai)," kata Megawati. 

Megawati membenarkan bahwa Soekarno memang milik rakyat.

"Saya bilang, lho iya lah milik rakyat Indonesia seluruhnya dari bayi juga miliknya Bung Karno (rakyat), siapa yang bilang bukan?" kata dia.

Sebelumnya, Presiden terpilih Prabowo Subianto menyebut Bung Karno adalah milik rakyat seluruh Indonesia. Namun, kata dia, terkadang ada parpol yang mengeklaim Sang Proklamator milik mereka.

Baca Juga: Prabowo: Bung Karno Milik Rakyat Indonesia, bukan Dimiliki Satu Partai

 

Akan tetapi, Prabowo tak menyebutkan secara detail ihwal identitas parpol tersebut. 

Hal itu dikatakan Prabowo saat menghadiri Rakornas PAN Pemenangan Pilkada Tahun 2024 di Jakarta, Kamis, 9 Mei 2024.

"Walaupun ada yang ngaku-ngaku kan selalu bahwa seolah Bung Karno milik satu partai, tidak, Bung Karno milik seluruh rakyat Indonesia," katanya kala itu.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x