Kompas TV regional berita daerah

Tambak Udang Liar di Pantai Selatan Ditertibkan, Karena Merusak Lingkungan

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 19:11 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, akan menertibkan keberadaan tambak udang yang berada di sempadan Pantai Selatan Jember. Selain tidak dilengkapi izin resmi, juga tidak ada sistem pengolahan limbah yang baik.

Tambak udang yang akan ditertibkan, salah satunya ada di kawasan pantai selatan Kecamatan Gumukmas. Di kawasan itu, terdapat bangunan tambak udang yang menyalahi aturan, yakni dibangun mendekati pantai. Padahal sesuai aturan, 100 meter dari titik bibir pantai merupakan kawasan bebas bangunan.

Selain itu, tambak udang tidak dilengkapi dengan sistem pengolahan limbah yang baik, sehingga dapat mengancam kerusakan lingkungan dan ekosistem biota laut.

Plt Camat Gumukmas Jember, Bobby Arie Shandi mengatakan bahwa penertiban akan dilakukan secara bertahap, salah satunya dengan memberikan solusi agar membangun tambak udang di lokasi yang telah ditentukan.

Baca Juga: Pantai Tercemar Limbah Tambak Udang, Warga Mengadu ke Bupati

Dari data Pemerintah Kecamatan setempat, ada 18 tambak udang yang berada di kawasan pantai selatan dan hanya 3 tambak udang yang mempunyai izin berupa hak guna usaha.

 

#tambakudangliar #pantaiselatan #sempadanpantai



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x