Kompas TV regional berita daerah

3 Orang Produsen BBM Palsu Dibekuk Polisi, 10 Drum BBM Oplosan Disita

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 10:44 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - 3 orang komplotan pengoplos bahan bakar minyak atau BBM palsu dibekuk oleh Kepolisian Resor Lumajang Jawa Timur. 

Mereka ditangkap saat melakukan aksinya di sebuah gudang kosong di Desa Kabuaran, Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang.

Ada 10 drum BBM palsu yang disita oleh petugas unit tindak pidana tertentu satreskrim Polres Lumajang, pada Kamis (30/9/2021). BBM palsu itu disita dari sebuah gudang milik D-H, warga Desa Kabuaran Kecamatan Kunir.

Baca Juga: Mobil Modifikasi Untuk Kulak BBM Terbakar

Kapolres Lumajang, Akbp Eka Yekti Hananto Seno mengatakan bahwa pengungkapan kasus itu berawal dari kecurigaan warga, yang sering melihat mobil pick up mendroping BBM dengan jumlah banyak di sebuah gudang.

Berdasarkan laporan warga, polisi kemudian melakukan penyelidikan dan hasilnya ternyata gudang tersebut dijadikan tempat mengoplos BBM palsu.

Ketiga pelaku mengoplos BBM mentah dengan BBM asli dengan takaran 80 persen minyak mentah dan 20 persen premium.

Untuk menyamarkan bentuk dan warnanya, pelaku menambahkan zat kimia. Selanjutnya tersangka menjual BBM oplosan tersebut dengan harga murah.

Baca Juga: 4 Orang Diperiksa Terkait Penimbunan BBM di Magetan

Salah satu tersangka, D-H mengaku nekat mengoplos BBM, karena tidak mempunyai pekerjaan tetap dan membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Atas kejadian ini, pihak kepolisian meminta masyarakat untuk tidak membeli dan tergiur dengan BBM yang dijual dengan harga murah.

 

#BBMPalsu #BBMOplosan #PolresLumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x