Kompas TV regional berita daerah

Seperti Ini Kondisi Kebun Binatang Mini Banjarmasin Setelah Hampir Dua Tahun Tutup Akibat Pandemi

Kompas.tv - 15 September 2021, 09:30 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Seperti inilah kondisi Kebun Binatang Mini Banjarmasin atau juga dikenal Taman Satwa Jahri Saleh yang berada di Jalan Jahri Saleh, Kelurahan Sungai Jingah, Banjarmasin Utara.

Hampir dua tahun ditutup akibat pandemi, aktivitas Taman Satwa nampak seperti mati suri.

Sejumlah koleksi Hewan tak lagi terlihat di kandangnya. Taman-Taman kecil pun lengang lama tak dijamah pengunjung.

Baca Juga: Viral Gerombolan Monyet Masuk Area Permukiman Warga di Martapura

Meski demikian, petugas dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Banjarmasin tampak tetap rutin memelihara dan merawat Satwa yang dikoleksi.

Musibah Banjir besar di awal tahun 2021, ternyata sangat berdampak pada koleksi hewan dimana beberapa diantaranya mati karena tak kuat cuaca ekstrim.

"Binatangnya kemarin ada beberapa yang tidak tahan kena air, jenis primata ada yang mati dan sakit," ungkap Kepala DKP3 Banjarmasin, Muhammad Makhmud.

Petugas kini hanya memfokuskan pada pemeliharaan Hewan yang tersisa sebaik mungkin sembari menunggu kebijakan kapan Taman bisa kembali dibuka.

"Selama perawatan tentang kebersihan kandang, manu yang dimakan dan kontrol kesehatan," ujar Kepala UPT Taman Satwa Jahri Saleh, Abdul muis.

Baca Juga: Petugas Damkar Tangkap Dua Ekor Ular Sanca yang Memangsa Ternak Warga

Sebagai tempat Rekreasi Keluarga Taman Satwa Jahri Saleh sebelumnya menjadi destinasi favorit tersendiri bagi warga khususnya untuk mengedukasi anak tentang Flora dan Fauna.

Sari, seorang warga pun berharap Kebun Binatang ini segera dibuka meski harus dengan protokol kesehatan.

“Semoga saja lekas buka lagi, anak sangat ingin ke sini melihat, dahulu sering ke sini sebelum pandemi covid-19,” ungkap Sari.

Pihak pengelola saat ini masih menunggu kebijakan pembukaan kembali taman wisata yang rencananya menjadi tempat Sekolah terbuka jika PTM dimulai.

Mempersiapkannya sejumlah pembenahan akan dilakukan termasuk penataan Taman.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x