Kompas TV regional berita daerah

Terdampak Kekeringan, Warga Kesulitan Air Bersih

Kompas.tv - 3 September 2021, 10:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPASTV - Kekeringan mulai melanda warga di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Saat ini untuk mendapatkan air bersih, warga hanya mengandalkan bantuan pasokan air bersih dari pemerintah setempat. 

Sudah sejak dua bulan, warga di Desa Pranti, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Air embung yang selama ini menjadi andalan  bagi warga kondisinya mulai mengering. Untuk mendapatkan air bersih, warga harus keluar desa yang jaraknya lebih dari dua kilometer. Itupun mereka harus antre dengan warga lain untuk mendapatkan air. 

Namun sangat disayangkan, di masa pandemi Covid-19 antrean tidak menjaga jarak dan sebagian warga tidak mengenakan masker. Kini mereka hanya mengandalkan bantuan air bersih dari pihak pemerintah maupun swasta untuk kebutuhan sehari-hari. Sementara sumber mata air tidak ditemukan di desa tersebut. “Desa Pranti memang setiap musim kemarau langganan kekeringan, karena dua embung saat musim kemarau airnya habis. Setelah air embung habis, pemerintah desa mengajukan bantuan lewat BPBD,” jelas Sudahlan, Kepala Desa Pranti.

Desa Pranti sendiri sudah setiap tahun menjadi langganan kekeringan di musim kemarau. Selama ini warga hanya mengandalkan tampungan air embung yang berada di tengah desa. 

#kekeringan #krisisairbersih #desaprantirembang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x