Kompas TV regional update corona

Serunya Vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika di Yogyakarta Pakai Baju Adat dan Pertunjukan Budaya

Kompas.tv - 30 Agustus 2021, 12:34 WIB
serunya-vaksinasi-bhinneka-tunggal-ika-di-yogyakarta-pakai-baju-adat-dan-pertunjukan-budaya
Ribuan mahasiswa dari luar DIY mengikuti kegiatan Vaksikasi Bhinneka Tunggal Ika yang digelar Gerakan Kemanusiaan Republik (GKR) Indonesia di Sasono Hinggil Keraton Yogyakarta, Senin (30/8/2021). (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Ribuan mahasiswa dari luar DIY mengikuti kegiatan Vaksikasi Bhinneka Tunggal Ika yang digelar Gerakan Kemanusiaan Republik (GKR) Indonesia di Sasono Hinggil Keraton Yogyakarta, Senin (30/8/2021).

Tercatat ada 1.500 mahasiswa luar DIY dari seluruh provinsi di Indonesia serta 500 masyarakat umum yang telah mendaftar vaksin. 

Antusiasme para mahasiswa daerah memperoleh vaksin sangat tinggi. Hanya dalam kurun waktu setengah hari sejak pendaftaran dibuka, kuota 2.000 orang langsung terpenuhi.

"Ini menjadi upaya GKR Indonesia mendukung Pemda DIY menjangkau mahasiswa luar daerah yang belajar di Yogyakarta untuk ikut vaksinasi," ujar GKR Hemas, anggota DPD RI.

Baca Juga: Vaksin Belum Tuntas, Gubernur DIY Larang PTM

Kegiatan yang digelar selama dua hari sampai Selasa (31/8/2021) ini berbeda dengan vaksinasi kebanyakan. Sebagian peserta yang mengikuti vaksinasi mengenakan budaya
adat daerah masing-masing.

Pelaksanaan vaksinasi dimeriahkan penampilan musik gamelan yang dibawakan mahasiswa asrama Kujang Jawa Barat, tari Bali dan defile dari komunitas Paguyuban Bregada Rakyat DIY. 

Mereka akan tampil dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. 

Tari Bali akan dibawakan oleh Pratis Kunthi Provita, siswi kelas XI SMK Negeri 1 Kasihan yang berasal dari Buleleng Bali. Ia juga tercatat sebagai peserta vaksin. 

Siswa SMK Bantul ini akan menyajikan tari Teruna Jaya, sebuah tarian daerah yang berasal dari Kabupaten Buleleng. Tari ini bercerita tentang seorang putra atau pemuda yang menginjak dewasa dengan tampilan ekspresi kuat, emosional tinggi, serta ulahnya yang energik dalam memikat hati seorang wanita. 

Meskipun menceritakan tentang seorang pemuda, tari Taruna Jaya termasuk tari putra keras yang biasanya ditarikan oleh seorang perempuan. 

Baca Juga: Lebih dari 500 Anak di DIY Kehilangan Orangtua Selama Pandemi Covid-19

Vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika terlaksana berkat kerja sama dan dukungan sejumlah pihak antara lain Korem 072/PMK, Dinkesyah DIY, Kodim 0724 Kota Yogyakarta, Dinas
Kesehatan DIY, Dinas Kebudayaan DIY, BKKBN DIY, Dekranas DIY, Kwarda Pramuka DIY, Yayasan Royal Lentera Biru, Klinis, Kecamatan Kraton, Puskesmas Kraton serta sejumlah komunitas relawan. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x