Kompas TV regional peristiwa

Gejayan Memanggil Gelar Lomba Mural, Karya Paling Cepat Dihapus Aparat Dapat Nilai Lebih

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 23:07 WIB
gejayan-memanggil-gelar-lomba-mural-karya-paling-cepat-dihapus-aparat-dapat-nilai-lebih
Salat Satu Mural di Kota Tangerang dan Kabarnya Sudah Dihapus oleh Aparat (Sumber: Tribunnnews.com)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Fadhilah

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah gerakan yang berwal dari Aksi 'Gejayan Memanggil' mengajak para seniman untuk melukis mural. Gelaran lomba mural ini menyusul maraknya penghapusan gambar jalanan di berbagai daerah.

Humas lomba mural 'Gejayan Memanggil' Mimin Muralis menyebut bahwa penghapusan atau pemberangusan karya mural adalah bentuk kekeliruan penguasa atau orang dewasa. Sebab, mural atau gambar adalah kebudayaan yang dialami oleh manusia saat mulai anak-anak.

“Coret-coretan di tembok adalah cara-cara ketika kebebasan bersuara terbatas dan sekarang coretan itu pun dibatasi," ujarnya dilansir dari Kompas.com, Selasa (24/8/2021).

Baca Juga: Muncul Mural Kritik Pemerintah di Solo, Gibran: Siapa yang Bikin Silakan Ketemu Saya

Lomba mural tersebut sebagai respons dari sikap pemerintah yang responsif destruktif dan antikritik.

Dalam lomba tersebut, ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian yaitu keberanian, semangat melawan, diapresiasi rakyat, tidak menyinggung suku, agama, ras antargolongan (SARA), serta aparat merespons cepat untuk menghapus hasil karya mural peserta.

Ia menjelaskan, mural yang cepat mendapatkan respons atau dihapus oleh aparat mendapatkan nilai lebih. Karena itu merupakan estetika perlawanan dan menunjukkan bahwa pemerintah mengalami kepanikan. 

Ketakutan bahwa rakyat sudah dikelabui dengan berbagai cara.

“Dengan memperpanjang-memperpanjang terus tidak tegas sampai tanggal berapa dan tolak ukurnya apa keberhasilan meredam angka penularan dan kematian termasuk ekonomi yang malah disuntikan ke pengusaha besar,” ucapnya.

Mimin menyampaikan, pada lomba kali ini pemenang tidak mendapatkan uang, tetapi pemenang lomba mural akan mendapatkan eksposure dan ke depan mural yang menang akan dijadikan desain baju.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x