Kompas TV regional berita daerah

Kejar Herd Immunity dengan Percepatan Vaksinasi

Kompas.tv - 19 Agustus 2021, 11:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

JEPARA, KOMPAS.TV - Sesuai instruksi pemerintah pusat dalam mencapai herd immunity masyarakat minimal 70 persen, TNI Angkatan Laut memberikan 2.000 dosis vaksin sinovac bagi masyarakat di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Vaksinasi yang dilakukan selama dua hari menyasar seluruh warga berusia diatas 12 tahun hingga lansia.

Dari total 10.200 masyarakat di Karimunjawa, total 4.050 orang yang sudah menerima vaksin. Meski demikian, khusus untuk Pulau Karimunjawa yang merupakan destinasi wisata yang lokasinya terpisah dari Pulau Jawa, diharapkan herd immunity dapat mencapai seratus persen agar wisatawan merasa nyaman dan aman. 

"Saya kira ini sudah lebih 5 ribu ya, 4.070 tambah 2 ribu berarti 6 ribu sekian, tinggal sebentar lagi sudah lulus. Tapi pak bupati sudah berpesan kalo ditarget secara umum itu kan 70 persen dari jumlah wajib, tapi pak bupati untuk khusus Karimunjawa ini, beliau berkeinginan untuk 100 persen dicapai," ujar Dwi Riyanto, Asisten 1 Sekda Jepara.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Mudrikatun menjelaskan, pihaknya juga melakukan percepatan vaksinasi dengan meminta puskesmas untuk buka tiap hari dan melayani berapapun pasien yang datang untuk vaksinasi.

"Untuk percepatan vaksinasi ini adalah selain kita upayakan puskesmas kita berharap tiap hari buka, berapapun itu pasien yang datang untuk minta vaksinasi, disamping itu dukungan vaksin seperti ini juga kita dukung, kita juga tetep harus memperhatikan protokol kesehatan," kata Mudrikatun.

Berbagai cara dilakukan pemerintah setempat untuk meningkatkan vaksinasi. Selain meminta puskesmas buka hingga malam untuk melayani vaksin, lansia yang tidak bisa datang ke lokasi untuk memperoleh vaksin akan diupayakan vaksin dengan cara jemput bola.

#kabupatenjepara #karimunjawa #tniangkatanlaut



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x