Kompas TV regional peristiwa

Viral Video Pasien Terbaring di Atas Tikar dan Mobil Pikap, Ini Penjelasan RSUD Kota Bekasi

Kompas.tv - 25 Juni 2021, 18:12 WIB
viral-video-pasien-terbaring-di-atas-tikar-dan-mobil-pikap-ini-penjelasan-rsud-kota-bekasi
Rumah sakit dan tenaga medis kewalahan merawat pasien akibat lonjakan kasus Covid-19 baru-baru ini. Pada Kamis (24/6/2021) Indonesia mencetak rekor terbaru dengan 20.574 kasus harian Covid-19.. (Sumber: KompasTV/Ant)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah video yang menggambarkan sejumlah pasien tengah dirawat oleh petugas berpakaian alat pelindung diri (APD) di halaman parkiran hingga di atas mobil pikap di RSUD dr Chasbullah Abdulmajid, Kota Bekasi, viral di media sosial. 

Beberapa pasien terlihat tidur di atas tikar yang digelar di halaman parkiran, ada yang duduk di kursi roda, dan ada pula yang terbaring di atas mobil pikap. 

Direktur Utama RSUD Kota Bekasi Kusnanto Saidi membenarkan video tersebut dan mengatakan kejadian tersebut terjadi pagi tadi, Jumat (25/6/2021). 

"Tadi pagi (kejadiannya), jadi karena pasien enggak sabar menunggu di kursi roda. Jadi memilih tidur," kata Kusnanto kepada wartawan, Jumat.

Baca Juga: Viral Kisah dr Corona Harus Selamatkan 1 Nyawa dari 3 Pasien Covid-19

Kustanto menjelaskan bahwa pasien datang dengan kondisi kritis sehingga langsung diperiksa petugas begitu tiba di rumah sakit.

"Mereka datang, kondisinya sudah sangat kritis, kami hadir dong, tidak harus diturunkan di tempat. Kami langsung sigap, petugas kami sigap untuk menangani langsung di mana pasien itu datang," ujar Kusnanto.

"Mereka datang dengan gejala (Covid-19) semua. Nanti pemeriksaan di tenda sama di lorong yang kita siapkan itu, triase namanya, pemeriksaan awal," tambahnya.

Dia mengatakan, pasien di tenda darurat bukan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka akan diperiksa lebih dahulu dengan swab PCR sembari dilakukan perawatan.

"Ini (tenda) sebenarnya ruang screening, jadi pasien datang ada yang belum PCR ada yang sudah PCR. Nah, yang belum ter-PCR inilah yang ter-screening di sini sambil menunggu hasil PCR-nya ada," ujarnya.

Baca Juga: Viral Video Pasien Covid-19 Mengamuk di RSUD Pasar Minggu Karena Tidak Dapat Kamar



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x