Kompas TV video news vlog

Viral Kisah dr Corona Harus Selamatkan 1 Nyawa dari 3 Pasien Covid-19

Jumat, 25 Juni 2021 | 14:07 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Viral di media sosial kisah seorang dokter saat berada dalam kondisi sulit di tengah penanganan pandemi Covid-19.

Dr Corona Rintawan, dokter RS Muhammadiyah Lamongan Jawa Timur menceritkan ketika dirinya harus memilih menyelamatkan satu dari tiga pasien Covid-19.

Tiga pasien tersebut berada dalam kondisi buruk dengan saturasi oksigen di bawah 90%, sementara fasilitas seperti tempat tidur, ventilator dan perawatan ICU hanya ada satu.

Ia pun harus memilih untuk memberikan bed perawatan kepada pasien dengan usia termuda. Hal ini setelah melalui berbagai pertimbangan.

"Dalam kondisi bencana seperti sekarang di mana fasilitas dan alat terbatas maka diberlakukan triase bencana, artinya menyelamatkan yang paling besar kemungkinan untuk selamat, bukan yang paling jelek kondisinya," tulis dr Corona Rintawan Sp.Em di akun Facebooknya.

Menurutnya seorang dokter yang bertugas di ruang emergency harus dapat mempertimbangkan dan memilih pasien dengan tepat, cepat dan tanpa ragu-ragu. Dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini banyak pasien yang datang dengan kondisi berat membuat para tenaga kesehatan harus berkerja dengan ekstra keras.

Ia berharap masyarakat juga bisa mengetahui kesulitan para tenaga kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, membantu para nakes dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga dapat menekan penyebaran Covid-19 dan pasien tak membludak banyak datang ke rumah sakit.

Video Editor: Faqih Fisabilillah


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x