Kompas TV regional berita daerah

Siswa SMA Memanfaatkan Waktu Luang Sekolah Daring dengan Budidaya Ikan Cupang

Kompas.tv - 28 Mei 2021, 19:20 WIB
Penulis : KompasTV Jember

KEDIRI, KOMPAS.TV - 2 orang siswa SMA di Kota Kediri Jawa Timur mengisi waktu luang di masa pembelajaran daring dengan budidaya ikan cupang. Setelah 1 tahun berjalan, mereka kini memiliki ratusan ekor ikan cupang dan mempunyai penghasilan puluhan juta rupiah per bulan.

Setiap pagi, Verdiansah Dwi Sakti dan Septiano Fernanda Putra selalu sibuk mengurusi ratusan ekor cupang miliknya.

Baca Juga: Cegah Radikalisme Dengan Kontes Ikan Cupang

Kedua siswa SMA asal Kecamatan Mojoroto Kota Kediri itu dengan telaten memberi makan satu persatu ikan cupang budidayanya.

Usaha budidaya ikan cupang dirintis 2 pelajar SMA itu sejak awal pandemi tahun lalu. Dengan memanfaatkan banyak waktu luang selama pembelajaran daring di masa pandemi, Verdiansah dan Rekannya kemudian mulai membudidayakan beberapa ekor ikan cupang.

Bermodalkan uang 500 ribu rupiah hasil pemberian sang ayah, 2 pelajar itu kini sukses dengan memiliki lebih dari 400 ekor ikan cupang.

Mereka memanfaatkan media sosial untuk memasarkan ikan cupang miliknya ke berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: Beda dengan Beras, Ikan Hias Indonesia Justru Jagonya Ekspor

Omzet yang didapat per bulan mencapai 3 hingga 10 juta rupiah. Meski sibuk mengelola bisnis ikan cupang, mereka tidak melupakan tugas pokoknya sebagai pelajar, yakni belajar dan mengerjakan tugas sekolah.

Berkat bisnis budidaya ikan cupang, kini mereka tak perlu lagi meminta uang jajan ke orang tuanya. Bahkan mereka telah menyiapkan uang untuk biaya pendaftaran kuliah di perguruan tinggi impian mereka.

 

#SiswaSMA #IkanCupang #PembelajaranDaring #Budidaya #IkanHias



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x