Kompas TV regional berita daerah

Masjid di Jember Bergaya Turki, Dinding Dipenuhi Kaligrafi Alquran

Kompas.tv - 3 Mei 2021, 10:54 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Sebuah masjid di Jember Jawa Timur memiliki arsitektur bergaya Turki dengan warna didominasi keemasan. Masjid, yang dipenuhi dengan kaligrafi Alquran itu, menjadi ikon wisata religi di Jember.

Nama masjid itu adalah Roudhotul Muchlisin, berdiri megah di Jalan Gajah Mada Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.

Pengurus masjid, Samsul Arifin mengatakan bahwa masjid itu memiliki arsitektur gabungan Turki dan Arab Saudi. Corak warna emas dan relief khas Timur Tengah mendominasi. Kaligrafi Ayat Suci Alquran memenuhi seluruh dinding, mulai lantai satu hingga dua.

Baca Juga: Arsitektur Masjid Al hidayah di Malang Menyerupai Hagia Sophia di Turki

Sekilas masjid ini terlihat seperti Masjid Nabawi Madinah Arab Saudi, yang lengkap dengan tiang penyangga dengan ornamen warna kuning keemasan.

Desain menara puncak terdapat simbol bulan sabit yang menjulang tinggi. Masjid yang kini menjadi ikon wisata religi mampu menampung 2.500 jemaah.

Kemegahan dan keindahan masjid membuat jemaah merasa nyaman saat menjalankan ibadah. “Dinding-dinding masjidnya sangat menarik, banyak tulisan-tulisan Arab, kemudian suasana sejuk, bersih dan asri, nyaman buat Shalat,” ujar seorang jamaah, bernama Fitriyah.

Di balik kemegahannya, masjid itu menyimpan cerita panjang. Dulunya masjid itu adalah masjid kecil yang dibangun tahun 1978. Pembangunannya sempat tersendat dana atau biaya.

Di tahun 2014, masjid direnovasi dan selesai tahun 2017. Seluruh dana renovasi masjid berasal dari swadaya masyarakat.

 

#Masjid #Arsitektur #Turki #ArabSaudi #Jember #WisataReligi #Kaligrafi #Alquran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x