Kompas TV regional berita daerah

Selama Sepekan, 7.366 Orang Ikuti Perjalanan Uji Coba KRL Yogyakarta-Solo

Kompas.tv - 8 Februari 2021, 17:29 WIB
selama-sepekan-7-366-orang-ikuti-perjalanan-uji-coba-krl-yogyakarta-solo
Rangkaian kereta listrik (KRL) Yogyakarta-Solo saat berada di Stasiun Maguwo, Yogyakarta, Minggu (31/1/2021). (Sumber: Kompas.tv/Gading Persada)
Penulis : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Selama sepekan, sebanyak 7.366 orang telah mengikuti perjalanan uji coba Kereta Listrik (KRL) Yogyakarta-Solo.

Uji coba KRL pertama di luar KRL Jabodetabek ini berlangsung 1 sampai 7 Februari 2021 lalu.

“Hingga hari terakhir uji coba pada 7 Februari kemarin, sebanyak 7.336 orang telah mengikuti uji coba layanan KRL pertama diluar wilayah Jabodetabek ini,” tutur VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam siaran persnya yang diterima Kompas.tv, Senin (8/2/2021).

Selama satu minggu lalu, kata Anne, masyarakat yang hendak naik KRL diwajibkan melakukan pendaftaran melalui aplikasi KRL Access dan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) maupun kartu uang elektronik bank dengan tarif Rp 1.

Baca Juga: Ada 20 Perjalanan, KRL Yogyakarta-Solo Mulai Beroperasi Penuh 10 Februari 2021

“KAI Commuter mencatat tanggal 7 Februari merupakan hari uji coba dengan jumlah peserta terbesar yaitu 1.226 orang. Dalam pelaksanaannya, uji coba berjalan relatif lancar dan telah mampu menguji keandalan sarana yang beroperasi yaitu rangkaian seri KFW maupun JR 205,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, PT KAI dan KAI Commuter telah mensosialisasikan jadwal perjalanan KRL Yogyakarta - Solo dan KA Prambanan Ekspres (Prameks) yang akan mulai berlaku 10 Februari 2021.

Rencana jadwal perjalanan ini kemudian juga telah didiskusikan bersama para calon pengguna KRL Yogyakarta-Solo dan pengguna KA Prambanan Ekspres.

“Hasilnya, sejumlah jadwal tersebut telah disesuaikan untuk dapat lebih dekat dengan kebutuhan para pengguna. Pada Gapeka 2021 akan ada 20 perjalanan KRL relasi Yogyakarta-Solo pp dan 8 perjalanan KA Prambanan Ekspres relasi Yogyakarta-Kutoarjo pp,” jelasnya.

Baca Juga: Bertarif Rp 1, Warga Antusias Ikut Uji Coba Publik KRL Yogyakarta-Solo

Dengan penyesuaian jadwal hasil masa sosialisasi ini, ungkap dia, jumlah frekuensi perjalanan untuk kedua jenis kereta tersebut tetap sama.

Namun, jadwal keberangkatan kereta tersebut pada jam-jam sibuk pagi dan sore hari telah ditambah.

“Para pengguna KA tersebut diimbau agar memeriksa kembali jadwal perjalanannya melalui aplikasi KRL Access,” imbuhnya.

Lebih lanjut Anne mengungkapkan, untuk periode 8-9 Februari 2021, KAI Commuter tidak menjadwalkan uji coba KRL untuk masyarakat maupun undangan karena dilakukan berbagai persiapan termasuk perawatan dan evaluasi sarana prasarana guna menghadapi operasional penuh serta pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 10 Februari 2021.

Baca Juga: Hanya Rp 1, Ini Jadwal Perjalanan KRL Yogyakarta-Solo Mulai 1-7 Februari 2021

Pada waktu tersebut, KA Prambanan Ekspres tetap akan melayani pengguna relasi Solo-Yogyakarta-Kutoarjo pp dengan jadwal seperti biasa. Sedangkan mulai 10 Februari 2021 KRL Yogyakarta-Solo akan beroperasi penuh melayani pengguna dan KA Prambanan Ekspres khusus melayani relasi Yogyakarta-Kutoarjo pp.

Seluruh protokol kesehatan dan aturan tambahan dalam menggunakan KRL dan KA Prameks tetap berlaku.

Baca Juga: Hanya Rp 1, KRL Yogyakarta-Solo Jalan 1 Februari 2021, KAI Commuter: Daftar Dulu Sebelum ke Stasiun

“KAI Commuter melakukan pembatasan kapasitas pengguna yaitu 74 orang per kereta agar penerapan physical distancing tetap terjaga,” tandas Anne Purba.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x