Kompas TV regional berita daerah

Warga Keberatan Pemberlakuan Pembatasan Secara Mendadak

Kompas.tv - 7 Februari 2021, 17:15 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Hari pertama pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM, tentang sabtu minggu steril sudah diberlakukan. Terlihat sejumlah lokasi keramaian seperti mall, pasar, komplek wisata dan cafe ditutup pemiliknya guna mengikuti instruksi gubernur Kaltim tentang sabtu minggu steril.

Tak hanya itu, aktifitas kendaraan pun terlihat lengang dan tak ada kemacetan seperti hari libur biasa.

Kebijakan ini dibuat usai rapat kordinasi forkopimda yang dipimpin langsung gubernur Kaltim Isran Noor. Hasilnya, kebijakan baru dengan menghentikan kegiatan masyarakat pada hari sabtu dan minggu, selama waktu yang tidak ditentukan.

Hal ini dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 terus dilakukan pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, melihat kasus covid-19 terus meningkat.  

Meski begitu banyak warga yang tidak mengetahui tentang kebijakan sabtu minggu steril. Kadis kominfo  Kaltim Muhammad Faisal menjelaskan, kebijakan ini hasil analisa satgas, karena melonjaknya kasus covid-19 terjadi pada hari sabtu dan minggu yang potensi berkumpulnya massa, sangat rawan terjadinya penularan covid-19.

Meski begitu sejumlah pedagang pasar merasa keberatan lantaran tidak tahu lagi mencari pemasukan selain berdagang, karena pemberlakuannya secara mendadak tanpa sosialisasi. Pedagang berharap kebijakan ini tidak berlangsung lama.

Menurut mereka, akibat pembatasan aktifitas ini secara mendadak kesediaan bahan pokok dan ketahanan bahan baku mereka akan rusak, hingga tidak bisa dijual atau dikonsumsi

#KebijakanGubernur#WargaKeberatan#KeputusanMendadak




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x