Kompas TV regional berita daerah

BPBD Jateng Minta Masyarakat Waspadai Banjir Dan Longsor

Kompas.tv - 22 Januari 2021, 16:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - BPBD Propinsi Jawa Tengah meminta kepada masyarakat untuk waspada ancaman banjir dan longsor saat musim penghujan ini. BPBD sendiri sudah melakukan pemetaan daerah rawan bencana di Jawa Tengah, termasuk bencana lain seperti kebakaran, gempa, gunung meletus dan lainnya. 

Ditemui di ruang kerjanya, Kamis siang (21/01/2021), pelaksana tugas Kepala Pelaksana Harian, Kalahar BPBD Jateng, Safrudin, mengatakan ancaman bencana di musim penghujan seperti saat ini yang paling banyak adalah banjir dan longsor. Sejauh ini untuk pemetaan wilayah daerah rawan sudah dilakukan.

Untuk ancaman bencana banjir bisa terjadi di daerah Kebumen, Purworejo, Cilacap, Kendal, Pekalongan dan Tegal. Sementara daerah yang perlu diwaspadai karena rawan longsor adalah mulai dari daerah Brebes hingga Kabupaten Semarang. Untuk mencegah terjadinya korban, BPBD Jateng telah melakukan berbagai antisipasi, diantaranya memasang alat pendeteksi longsor, pembentukan desa tangguh bencana dan melakukan sosialisasi di daerah rawan bencana.

Selain banjir dan longsor, saat ini BPBD Jateng tengah fokus dalam penanggulngan ancaman Gunung Merapi. Saat ini ada sekitar 400 pengungsi lebih yang mendapat perhatian, baik bantuan berupa makanan, kesehatan maupun keperluan lainnya. 

#BPBD #DaerahRawanBencana #BanjirLongsor

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x