Kompas TV regional berita daerah

Kerumunan Warga di Pemakaman Habib Jadi Sorotan dan Kerumunan di Lomba Burung Berkicau Dibubarkan

Kompas.tv - 29 Desember 2020, 17:12 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PASURUAN DAN SUMENEP, KOMPAS.TV - Prosesi pemakaman seorang ulama besar di Kota Pasuruan Jawa Timur viral dan disorot berbagai kalangan, karena melibatkan ribuan jamaah. Sementara di Kabupaten Sumenep Jawa Timur, kerumunan warga di lomba burung kicau dibubarkan polisi, karena dinilai berpotensi mempercepat penyebaran virus corona.

Dalam video yang direkam salah satu warga terlihat ribuan jamaah mengiringi prosesi pemakaman Habib Hasan Bin Muhammad Bin Hud Assegaf pada Senin (28/12).

Para jamaah berebut untuk bisa memikul keranda yang berisi jenazah almarhum. Almarhum diiringi jamaah mulai dari rumah duka hingga ke tempat pemakaman khusus yang berada di belakang Masjid Agung Al-anwar sisi barat Alun-alun Kota Pasuruan Jawa Timur.

Jubir Satgas Covid-19 Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat mengatakan bahwa petugas satgas Covid-19 yang memantau jalannya pemakaman tidak bisa berbuat banyak untuk mencegah kerumunan, karena mereka kalah jumlah.

Video proses pemakaman Habib Hasan kemudian viral di media sosial. Sejumlah kalangan menyoroti kerumunan jamaah saat proses pemakaman, karena dinilai melanggar protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga: Polisi Bubarkan Perayaan Ulang Tahun Karena Ada Kerumunan

Sementara di Kabupaten Sumenep Jawa Timur, anggota polsek dan anggota koramil Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep membubarkan lomba burung berkicau di lapangan Laskar Jokotole Desa Lenteng Timur.

Dengan menggunakan pengeras suara, polisi dan anggota koramil berkeliling dan mendatangi satu persatu warga yang berkerumun di area lomba.

Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti mengatakan pembubaran dilakukan guna memutus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumenep. Karena Kabupaten Sumenep saat ini menempati peringkat pertama penyebaran Covid-19 di Jawa Timur.

Polisi mengklaim bahwa pihaknya sudah memberikan himbauan agar lomba tersebut ditunda. Namun acara tersebut tetap digelar dan petugas terpaksa mengambil tindakan tegas.

Tim satgas Covid-19 setempat berharap masyarakat mematuhi protokol kesehatan Covid-19, salah satunya menjaga jarak atau menghindari kerumunan.

 

#PemakamanHabib #ProtokolKesehatan #LombaBurungBerkicau



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x