Kompas TV regional politik

Pilgub Kalsel Sengit, 2 Paslon Sahbirin-Muhidin dan Denny Indrayana-Difriadi Saling Klaim Kemenangan

Kompas.tv - 9 Desember 2020, 23:45 WIB
pilgub-kalsel-sengit-2-paslon-sahbirin-muhidin-dan-denny-indrayana-difriadi-saling-klaim-kemenangan
Pakar hukum tata negara Denny Indrayana memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor Kemenko-Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat,Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2019). (Sumber: Dian Erika/KOMPAS.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

KALSEL, KOMPAS TV - Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada Kalimantan Selatan (Kalsel) berlangsung sengit. Kedua paslon sama-sama saling mengklaim kemenangan.

Paslon nomor urut 01, Sahbirin Noor-Muhidin (BirinMu), merupakan pihak yang lebih dulu mengklaim kemenangan pada Pilkada Kalsel berdasarkan hasil penghitungan cepat pihak internal mereka.

Ketua Tim Pemenangan BirinMu, Rifqinizamy Karsayuda, mengatakan hasil kemenangan itu berdasarkan data yang masuk dari saksi-saksi di seluruh Kalsel.

Baca Juga: Minta Pendukungnya Tak Berlebihan Respons Kemenangan, Gus Ipul Ingatkan Protokol Kesehatan

“Dengan metode quick count yang kami ambil langsung dari saksi-saksi kami se-Kalsel. Alhamdulillah hasilnya kendati tidak sesuai dengan ekspektasi, kami unggul dari paslon 02,” kata Rifqinizamy Karsayuda dalam konferensi persnya yang dikutip dari Kompas.com pada Rabu (9/12/2020).

Rifqi pun membeberkan hasil persentase keunggulan suara yang masuk dari saksi-saksi tim BirinMu dengan margin of error 1,9 persen.

"Perolehan 51,48 persen berbanding 48,52 persen atau selisihnya sekitar 2,9 persen. Karena itu kami berani mengumumkan ini. Insya Allah sebagai kemenangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel tahun 2020," ujarnya.

Tak mau kalah dengan paslon 01, calon gubernur dari nomor urut 02, Denny Indrayana, juga mengumumkan klaim kemenangannya di Pilkada Kalsel.

Baca Juga: Hasil Sementara KPU, Putra Yusril Ihza Mahendra Kalah di Pilkada Belitung Timur

Menurut Denny, keunggulannya diambil berdasarkan hasil penghitungan cepat dari beberapa lembaga survei.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x