Kompas TV regional peristiwa

Tanpa Lokomotif, 7 Gerbong Kereta Api Jalan Sendiri Berkecepatan Sekitar 40 Km Per Jam di Malang

Kompas.tv - 18 November 2020, 22:01 WIB
tanpa-lokomotif-7-gerbong-kereta-api-jalan-sendiri-berkecepatan-sekitar-40-km-per-jam-di-malang
Kondisi rangkaian gerbong Kereta Api (KA) usai berjalan sendiri dan anjlok setelah menabrak Excavator di sisi selatan Stasiun Kota Lama, Kota Malang, Rabu (18/11/2020). (Sumber: Surya Malang)
Penulis : Tito Dirhantoro

MALANG, KOMPAS TV - Sebanyak 7 gerbong kereta api eksekutif berjalan sendiri tanpa ditarik lokomotif. Peristiwa itu terjadi di Kota Malang, Jawa Timur.

Gerbong kereta yang berjalan sendiri itu diketahui bergerak dari Stasiun Malang Kota Baru, Kota Malang, hingga Stasiun Kotalama. 

Dengan demikian, 7 gerbong kereta api yang berjalan sendiri itu telah menempuh jarak sekitar 2,3 kilometer.

Baca Juga: Cek Syarat Naik Kereta Api Saat Libur Panjang

Rangkaian kereta api tersebut lantas menabrak ekskavator mini yang berada di pinggir rel Stasiun Malang Kota Lama, Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Diketahui, 7 gerbong yang berjalan sendiri tanpa lokomotif itu berada di jalur 2 Stasiun Kotalama, Jalan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Rabu (18/11/2020) sore.

Adapun rinciannya, sebanyak 4 gerbong berada di ujung paling depan (selatan) dengan kondisi anjlok dari jalur rel.

Sementara 3 gerbong kereta api yang tersisa masih tetap berada pada jalurnya atau di atas rel.

Baca Juga: Catat! Ini Daftar Tambahan Kereta Api Saat Libur Panjang Oktober 2020

Mengetahui gerbong-gerbong kereta itu berada pada bukan jalurnya, sejumlah teknisi dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) langsung melakukan upaya evakuasi gerbong-gerbong itu.

Sebanyak 3 gerbong di bagian belakang sudah berhasil dievakuasi. Sementara 4 gerbong lainnya masih berada di jalur 2 rel kereta api dan hendak dievakuasi.

Seorang saksi mata yang merupakan warga sekitar, Slamet S Effendy, mengatakan kejadian tersebut terjadi pada pukul 14.25 WIB.

"Saat itu, saya sedang berada di lantai dua rumah. Sebelum kejadian itu terjadi, saya lihat di jalur satu rel ada kereta Penataran jurusan Surabaya Blitar melintas," kata Slamet dikutip dari TribunJatim.com, Rabu (18/11/2020).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x